Ringkasan Retorika Islam

Posted by Muhamad Saefudin on Senin, 02 Januari 2012


Retorika  Islam:Bagaimana seharusnya menampilkan wajah Islam
Karya: Dr.Yusuf Al-Qaradhawi

  • Pengertian Retotika Islam
Retorika Islam ialah penjelasan yang disampaikan atas nama islam kepada sekalian manusia ,orang muslim atau non muslim,untuk mengajak mereka kepada islam,atau mengajarkan keislaman, dan mendidik mereka secara aqidah dan syariah,ibadah dan muamalah,serta memikiran dan tingkah laku. Atau juga menjelaskan posisi islam terhadap problematika kehidupan;manusia dan dunia,individu maupun kelompok,spiritual maupun material,dan teori maupun praktik.

Metode Retorika Islam yang digunakan: bersifat variatif; taradisional maupun modern seperti;khutbah,ceramah,pengajaran,dialog,makalah,paper,buku,seminar,diskusi,penelitian ilmiah,analisis pers dan jurnalistik,program penyiaran radio atau televise,teater,dan bisa menggunakan syair,puisi ,pantun,dan kisah daramatikal. Bisa juga memanfaatkan berbagai sarana komnuikasi dan informasi canggih;media cetak maupun elektronik,visual dan audio visual,baik regional,nasional ataupun internasional saluran satelit hingga jaringan internet. 

Agama Islam tidak berubah dalam hal pokok-pokok dan prinsip-prinsip aqidahnya,ibadahnya,akhlaknya,dan hukum syariatnya, tetapi hal yang berubah adalah Metode pengajarannya dan dakwah kepada agama itu.Perubahan itu dengan adanya perubahan waktu,tempat,adat dan keadaan adalah hal yang lebih tepat dan lebih utama.


Alquran sendiri Merupakan Bukti adanya Perubahan Retorika
Retorika Al-quran makkiyah berbeda dengan retorika Al-quran madaniyah.Surat-surat al-Quran ; makkiyah maupun madaniyah,memperhatikan orang yang diajak bicara dan mengajaknya bicara sesuai dengan kondisinya.Surat Makkiyah meretorika terlebih dahulu kepada orang-orang musrik yang memusuhi aqidah tauhid dan mengingkari kenabian Muhammad SAW,serta bertindak dzolim kepadanya.Dengan begitu, retorika ini dipenuhi oleh bahasa kekerasan dan dan ketegasan.Adapun surat madaniyah,meretorika jamaah baru dari orang-orang beriman,yang dibebani perintah-perintah dan larangan-larangan,arahan-arahan dan ketentuan-ketentuan syariat.Oleh sebab itu,retorika ini dipenuhi oleh bahasa kelembutan dan pengajaran.Contoh pada surat al -baqoroh(surat madaniyah) dan surat Asyu’araa( surat makkiyah).

Legalitas Pembaruan Agama
Hadits: “Sesungguhnya Allah mengutus di setiap seratus tahun kepada umat (Islam) ini seseorang yang memperbaharui agama untuknya.(HR.Abu Dawud dan Al-Hakim)
Pembaruan tidaklah menyentuh hal-hal yang Tsawabit(hal-hal yang baku)  yang tidak berubah -ubah dengan perubahan waktu ,tempat dan manusia;mulai dari sisi aqidah,ibadah,pokok-pokok keutamaan dan keburukan,dan hukum-hukum qath’I dalam wujud ketetapan dan indikasinya.
Adapun hal-hal  pembaruan tidak menyentuh hal-hal yang baku tapi dari sisi teknis penyampaian dan pengajarannya kepada manusia.

Menegakkan Kebangkitan
Kebangkitan islam dari fase remaja menuju fase dewasa.faseremaja;dihiasi impian-impian,imajinasi-imajinasi,reaksional dan emosional.fase dewasa;kesadaran,ketenangan, rasionalitas dan pematangan.10 poin garis-garis besar menuju kebangkitan,yakni:
1.dari format dan fenomena menuju substansi dan realita.
2.dari diskusi dan perdebatan menuju pemberian dan aksi.
3.dari emosional dan kesemarawutan menuju rasionalitas dan keilmiahan.
4.dari cabang dan ekor menuju akar dan kepala
5.dari mempermudah dan mempersempit menuju mempermudah dan pemberitaan gembira
6.dari kepasifan dan taklid menuju ijtihad dan pembaruan
7.dari fanatic dan tertutup menuju toleransi dan terbuka
8.dari berlebihan dan melewati batas menuju moderat dan seimbang
9.dari kekerasan dan kedengkian menuju kasih sayang
10.dari perselisihan dan permusuhan menuju persatuan dan kerjasama


More aboutRingkasan Retorika Islam

Menerawang dan Menyo'al Tahun Baru 2012

Posted by Muhamad Saefudin on Minggu, 01 Januari 2012

"Detik berganti detik
menit berganti menit
jam berganti jam
hari berganti hari
minggu berganti minggu
bulan berganti bulan
Dan kini tahun pun berganti tahun
Selamat tinggal tahun 2011
Selamat Datang tahun 2012
Berharap tahun depan kan lebih baik lagi
Selamat Tahun Baru 2012"

Begitulah salah satu deretan sms ucapan tahun baru yang dikutip dari salah situs bernama www.heritok.com. Memang sangat banyak sekali bentuk-bentuk ucapan sms "Selamat Tahun Baru 2012" ataupun ucapan selamat tahun baru di tahun-tahun sebelumnya, nggak jauh beda, malah hampir mirip dam banyak kesamaan. Nggak masalah bagi saya, mau yang panjang, mau yang pendek, pake bahasa lebay atau bergaya sastrawan atau puitis. Yang menjadi masalah adalah apakah kita memahami betul makna, hikmah, dan segala hal yang ada dalam pergantian tahun ini??? Apakah tiap kali pergantian tahun harus dengan ucapan "Selamat Tahun Baru ya kawan...!!! Moga bla..bla..bla....!." Nggak adakah yang lebih dalam lagi pemaknaan pergantian tahun baru ini??? Ini yang ingin saya beranikan untuk berbagi dengan para pembaca sekalian.

Ya. Ada beberapa hal yang seringkali dilakukan tiap kali menjelang pergantian tahun, tepatnya malam tahun baru. Berikut beberapa kegiatan yang paling sering:

1. Pesta Kembang Api

Malam Tahun Baru 2012 di Berlin, tampak dengan latar patung Golden Victoria

Suasana malam tahun baru 2012 di Kuala Lumpur Malaysia, tampak di foto pesta kembang api dengan latar belakang menara Petronas

Suasana malam pergantian tahun 2011 – 2012 di Manila tepatnya di Rizal Park

Suasana tahun baru di Moskow Russia (Red Square)

Suasana Tahun Baru di Sidney, Pesta Kembang Api meriah

Suasana Tahun Baru di Sidney, Pesta Kembang Api meriah

Suasana malam tahun baru di Singapura tampak di wilayah Marina Bay pesta kembang api

Suasana malam pergantian tahun baru 2012 di Vienna, di depan sebuah gereja Katedral setempat

Di tanah air Jakarta tak kalah meriah dari kota kota lain di dunia tampak pemandangan di Bunderan HI, Jakarta
Pesta kembang api di Medan, Sumatera Utara. Tampak meriah dengan berbagai warna kembang api

2. Pesta makan-makan

Jagung Bakar
“Jualan jagung bakar musiman seperti malam pergantian tahun baru ini, kita lakukan setiap tahun,” ujar Ganjar, warga Desa Bojong Gede, Bogor. Dibantu istri dan dua anaknya dia menyiapkan tiga karung besar berisi jagung seberat 3,5 kwintal. Sedangkan arang bakar dia siapkan 150 kantong plastik dengan harga Rp 2500 per kantong. “Dari tiga kwintal ini hanya tinggal satu setengah kilo yang terjual,” akunya. (sumber: poskota.co.id)


3. Dan lain-lain seperti pesta minum, jalan-jalan, pergi ke suatu tempat sambil menunggu pergantian tahun, tepat pukul 12.00 waktu setempat.

Tapi, apakah hanya hal itu yang tiap kali dilakukan saat pergantian tahun???

bersambung...
More aboutMenerawang dan Menyo'al Tahun Baru 2012