Apa itu "Marketing Mix" ?

Dunia marketing memang nggak akan ada habis-habisnya. Berkembang dan terus berkembang seiring perkembangan teknologi. Dulu sebelum internet ada, FB, Twitter,dan tools marketing lain yang namanya "social media" belum ada yang nyadar. Namun sekarang semuanya sudah berubah, FB,twitter dan lainnya menjadi alat marketing yang ampuh untuk dijadikan alat menggaet pelanggan. Bahkan belakangan menjamur bisnis online.

Dunia marketing yang sekarang berkembang nggak pernah lupa sebuah teori marketing yang bernama Marketing Mix. Apa itu marketing mix? Teori ini merupakan teori marketing yang paling terkenal dan mendasar bagi seorang marketer. Jelasnya marketing mix disingkat dengan 4P, antara lain:
1. Product (produk) : hal ini penting sejak awal sebuah bisnis akan dijalankan, berkaitan dengan produk apa yang akan dijual? berapa jumlah produknya?

2. Price : ini berkaitan dengan penetapan harga produk. Harga produk yang akan dipasarkan harus diputuskan sejak awal, bahan pertimbangan untuk penetapan harga antara lain, segmentasi pasar, penerimaan konsumen, harga pesaing, dan kebijakan.

3. Place : ini berkaitan dengan pemilihan tempat yang "pas" untuk lokasi usaha. Perlu dipertimbangkan dengan matang mengenai tempat, karena akan menyangkut seberapa besar lokasi berpengaruh dalam menarik konsumen untuk datang ke tempat usaha. Bahan pertimbangan untuk menentukan lokasi yang bagus antara lain traffic kendaraan, kepadatan penduduk, legal hukum, aspek psikologis lokasi, tempat parkir, dan view. Mungkin masih ada pertimbangan lain seperti selera pribadi, kurang adem, dll. Silakan dianalisis dan diperhitungkan dengan matang.

4. Promotion : ini berkaitan dengan strategi promosi produk. Yang harus direncanakan adalah apa saja tools promosi yang akan diluncurkan, berapa lama promosi masing-masing jenis promosi, perhitungkan biaya promosinya.

Nah, itu aja dulu ya tulisan mengenai marketing, karena ane juga masih belajar tentang marketing, tapi nggak ada salahnya berbagi, betul gak?! Yoi...kalau ada saran/kritik mangga disampaikan aja, semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

About Muhamad Saefudin

Saya hanyalah seorang penikmat blog dan pembelajar kehidupan. Semoga pembelajaran kehidupanku bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca dan belajar dari kehidupan.

0 comments:

//* Autolink *//