Arti "bujur"

Indonesia emang kaya akan budaya dan bahasa. Itulah yang membuat saya bangga menjadi bangsa Indonesia. Saya yang terlahir sebagai orang Sunda, merasa bangga dengan suku saya sendiri, namun juga kagum dan respek terhadap suku lainnya di Indonesia. Dan saat ini saya berdomisili di kota Samarinda, dimana banyak suku yang tinggal disini. Diantaranya suku Jawa, Banjar, Bugis, Sunda, Batak, dan lain-lain.
ilustrasi ragam bahasa (sumber:antaranews.com)

Ada yang menarik dengan bahasa Banjar, yang merupakan bahasa induk dari masyarakat Samarinda, Balikpapan, dan Kalimantan Timur  ini. Yaitu kata "bujur". 

Pertama kali denger kata bujur itu di chat group yang ada temen asli orang Samarinda di Whatsapp. Haaah??? Saya yang baru pertama kali denger, kesannya lucu dan geli, hehe. Ini awal yang membuat saya penasaran dengan kata "bujur". Karena ada perbedaan arti kata "bujur" versi Sunda dengan versi di Samarinda tentunya. Lalu saya beranikan diri untuk bertanya di grup tersebut. Setelah saya lemparkan pertanyaan tentang arti bujur, ternyata "bujur" itu artinya benar. Maksudnya kalau ada orang Banjar atau orang Samarinda dan sekitanya yang bilang "bujuran...!" artinya dia bilang "beneraan...!" atau "betulaan.."!, yang menandakan aksen penekanan meyakinkan terhadap apa yang ia katakan.


Lalu kenapa saya agak geli denger kata bujur?
Nah begini, kata bujur di tanah Sunda mempunyai arti yang berbeda dengan di Samarinda atau dalam hal ini bahasa Banjar. Di tatar Sunda seperti Garut, Sumedang, Bandung, Bogor, Cianjur, Sukabumi, Subang dan sebagainya kata "bujur" artinya adalah (mohon maaf) pantat/bokong. Makanya pada saat saya denger kata itu pertama kali, cuma mesem-mesem aja, dengan sedikit tebakan artinya pasti beda dengan di daerah Sunda. Kalau menyebut kata ini di depan umum pada saat berada di daerah Jawa Barat, artinya dapat dipastikan yang diatas tadi. 

Jadi bujur dalam bahasa Banjar artinya adalah betul atau benar. Its okey, jadi nambah lagi kosakata bahasa Banjar saya. Maklum lagi belajar bahasa Banjar.

Gitu aja dulu ya tentang arti bujur. Lain kali semoga saya ada waktu untuk berbagi beberapa arti kata bahasa Banjar yang lainnya. Soalnya ulun lapar banar ai, pengen makan soto Banjar. Bujuraan, ulun lapar nah!!
Share on Google Plus

About Muhamad Saepudin

Saya hanyalah seorang penikmat blog dan pembelajar kehidupan. Semoga pembelajaran kehidupanku bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca dan belajar dari kehidupan.

0 comments: