Arti ikam dan pian

Selamat pagi semuah, semoga selalu diberikan kesehatan. Baik fisik maupun psikis. Juga kesehatan keuangan. Kalau mau makin berkah, banyak-banyaklah sedekah, terlebih ini hari Jum'ah. Jumat berkah. Bagi kamu para cowok sejati, jangan lupa nanti berangkat sholat Jumat ke masjid. Biar makin keren dan gaul. Biar kamu yang jomblo, dikasih jodoh yang sholehah. Kalau kamu cewek, sholatnya di rumah aja. Jangan mentang-mentang lagi semangat menggebu-gebu dan pengen banyak amal sholeh, terus ikut-ikutan sholat Jumat di masjid. Plis! Ini buat kami para lelaki sejati. 

Nah wal, di hari Jumat ini, biar harimu makin berkah, ulun handak bekesah tentang arti "ikam" dan "pian". Buat kamu rantau'ers yang sedang berada di daerah Kalimantan, mungkin ini bisa membantu untuk menambah pengetahuan kosakata bahasa Banjar. Yah, minimal bisa ngerti sedikit kalau lagi dengerin orang Banjar ngobrol. 

Kalau sudah tahu arti "bujur"dan ulun, mungkin kamu sudah bisa nyoba ngucapin kata ini sewaktu ngobrol sama tetangga. Nah, supaya makin pede, ini tambahan bekalnya.

arti ikam dan arti pian


Ikam artinya kamu. Lalu pian juga punya arti yang sama, yaitu kamu. Perbedaannya pada waktu penggunaannya. Kata ikam, dipakai pada saat mengobrol dengan teman sebaya. Sedangkan kata pian, dipakai untuk orang yang lebih tua. Kata pian juga biasa dipakai saat menyapa seseorang yang kita hormati, karena ia lebih sopan dan halus. Kalau di Jawa, terkenal dengan istilah kromo inggil dan ngoko. Nah pian mungkin diibaratkan bahasa kromo inggil dari kamu/anda, sedangkan ikam diibaratkan bahasa ngoko.

Baiklah, itu dia arti ikam dan pian serta waktu untuk penggunaannya. Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

About Muhamad Saefudin

Saya hanyalah seorang penikmat blog dan pembelajar kehidupan. Semoga pembelajaran kehidupanku bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca dan belajar dari kehidupan.

0 comments:

//* Autolink *//