Blogwalking

Apa itu Blogwalking?

Istilah ini baru familiar juga di telinga saya. Meskipun nge-blog sudah dari 4 tahun yang lalu, tapi kalau yang beneran nge-blog nya baru setahun belakangan ini. Ternyata banyak banget pengetahuan tentang blog yang belum saya ketahui. Persepsi awal saya, nge-blog itu cuma posting dan posting aja. Ternyata nge-blog lebih dari sekedar posting. Salah satu hal yang baru saya dapatkan di penghujung tahun 2015 adalah blogwalking.

Blogwalking jika diartikan secara harfiah adalah jalan-jalan ke blog orang lain. Ini penting. Sederhananya, blogwalking itu semacam silaturahmi. Kata ustadz Maulana, silaturahmi manfaatnya banyak, agar umur panjang dan rezeki lancar. Blogwalking juga silaturahmi jamaah. Jamaaah...ooh jama'ah.

Mengapa blogwalking?
Kegiatan blogwalking ditujukan utamanya untuk menambah teman sesama blogger aktif, sehingga bisa saling belajar dunia per-blog-an. Selain menambah teman, juga bisa  sebagai bahan inspirasi, bertukar pikiran, dan hal-hal yang positif untuk perkembangan blog kita. Dengan membaca tulisan blog yang lain, kita bisa tahu pandangan orang di luar kita tentang topik yang pernah kita tulis atau topik yang berbeda. Bisa juga sebagai wadah belajar tentang berbagai hal mengenai blog. Seperti saya sekarang, sebelumnya nggak tahu istilah blogwalking. Tahunya setelah mampir di blognya temenku yang rajin update blog ini nih, www.innnayah.com. Walaupun secara nggak sadar,pada saat
saya mengunjungi blognya, saya sedang melakukan "blogwalking". Hehehe. Dan sampai sekarang.

Apa yang dilakukan pada blogwalking?
Simpel aja sih, mirip kita mampir ke rumah temen. Tegur sapa dan kenalan, minimal itu. Dengan cara apa? Dengan meninggalkan jejak berupa komentar. Lebih dari itu, bisa kita jadikan sebagai friend via Google Friend Connect. Bahkan bisa dengan lebih intim lagi diluar dunia per-blog-an, misal tentang bisnis, kuliah, dan lain sebagainya dengan komunikasi via facebook, twitter, dan lainnya. Harapannya dengan blogwalking bisa menambah teman blogger yang banyak.

Blog mana yang harus dikunjungi?
Siapa aja. Nggak terpaku di salah satu atau salah dua blog aja. Tapi saran saya, kunjungi blog yang aktif diupdate oleh penulisnya. Harapannya setelah kita berkunjung, si pemilik blog bisa berkunjung balik ke blog kita. Makin banyak yang dikunjungi, makin banyak yang mampir ke blog kita.


Kapan waktu yang tepat untuk blogwalking?
Kapan aja boleh. Asal jangan pas rapat kantor aja,hehehe. Saran saya, agar teratur, blogwalking sebaiknya diagendakan secara terencana. Misal, blogwaking 2 kali per pekan, hari Senin dan Kamis. Di hari jedanya bisa buat update post, yaitu Selasa-Rabu dan Jumat-Minggu. Saya mau tiap hari, boleh kah? Silakan, boleh boleh aja. Nggak ada yang melarang kok. Bagus juga silaturahim tiap hari. Tapi jangan sampai dalam sebulan kerjaannya blogwaking aja yaa,,hehehe. Kalau bisa sih tetep aktif nulis. Biar blognya rame.

Selamat melakukan blogwalking...!
Share on Google Plus

About Muhamad Saefudin

Saya hanyalah seorang penikmat blog dan pembelajar kehidupan. Semoga pembelajaran kehidupanku bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca dan belajar dari kehidupan.

5 comments:

Bangkoor com said...

Hallo Kak Aep! Assalamualaikum..

Wah nambah lagi nih temen ngeblog dari keluarga besar TEP

Blogwalking pertama aku di blog kak aep nih ya

Muhamad Saefudin said...

Waalaikumsalam wr wb,

Hallo juga Rif, gmn kabar? udah jadi master TBS,selamat yaa..hehe.
Iya nih ketularan nge-blog sama mba Nay (www.innnayah.com),hehehe. Makasih udah ber-blogwalking dimari, :)

Innnayah said...

Huwaaahuwaa ada akuu. Lari lari

Bangkoor com said...

Haha.. Masih seperti dulu kok kang :D

Muhamad Saefudin said...

Eh muncul tuh kakakmu Rif,hehe.

Mantap lah. Jempol!

//* Autolink *//