#1 BOROGOJOL or BOROJOL?? : Nama kampung yang aneh...!!!

Cerita ini adalah kisah nyata dari sepenggal perjalanan saya saat survey di Majalengka. Tepatnya hari Jum'at, 3 Februari 2012, saya sedang survey di Majalengka bagian selatan, daerah Lemahsugih. Setelah beberapa hari sebelumnya survey di daerah Jatiwangi, Rajagaluh, Sindang, dan tiba saatnya nyurvey Lemahsugih. Namun karena saya butuh penginapan yang dekat ke lokasi (berhubung waktu sudah sore menjelang maghrib) saya pun menghubungi rekan kerja survey, Agus, yang ditempatkan di Kalimantan. Akhirnya dapatlah nomor Pa Atang. Alhamdulillah beliau sangat baik sekali, bahkan siap memberikan penginapan selama survey. Naaah, ini dia yang menjadi masalah. Lokasi rumah pa Atang sangat jauh dari lokasi survey, sekitar 20 km. Akhirnya beliau menyarankan tempat yang bisa dijadikan untuk bermalam, yaitu kang Engken (IPB 37 SOSEK) alumni IPB dan istrinya juga alumni IPB 38 FAPET. Waaah, alumni IPB memang ada dimana-mana. Saya dan rekan saya (pa Jamal) menginap di rumah beliau.

Keesokan harinya saya melanjutkan survey ke Kalapa dua, beuh rusak parah jalannya. Karena memang perkampungan. Ngeriii. Beberapa kali mobil melewati jalan berlubang yang cukup dalam. Untungnya pa Jamal sangat lihai dalam mengendarai mobil (berpengalaman nyetir travel Sumatera-Jawa dan hingga sekarang angkot 06 Ciheuleut-Ramayana). Alhamdulillah selesai juga.
Pa Jamal dan mobil AVANZA Nopol F 150 AB milik kantor PT. REKAYASA KONSTRUKSI K.U.
Cuaca saat di perjalanan menuju Borogojol

"Pa, sudah sore nih, kita nginep dimana y??"tanya saya. 
Tanpa berpikir panjang, kami pun sepakat untuk menginap di rumah pa Atang. Nama kampung beliau adalah 'BOROGOJOL'. Hahahahaha....kami nggak kuat menahan tawa panjang begitu mendengar nama kampung beliau. Nama yang baru pertama kali saya dengar, ada juga ya daerah namanya Borogojol. Waduh....waduh...aneh namanya. Borojol (bahasa Sunda) artinya proses keluarnya bayi dari rahim sang ibu. Ini namanya bukan Borojol  tapi Borogojol.Sepanjang jalan kami tertawa terus kala menyebut nama daerahnya pa Atang. Walaupun namanya Borogojol, tapi pa Atang sangat baik hati (lhooo...apa hubungannya ya). Oh ya...jarak Bantarujeg-Borogojol = 20 Km. Jauuuuh banget ya....

Udah dulu ya...ntar dilanjuntin ceritanya, pengen istirahat dulu. Hari ini nggak jadi Shaum Ayyamul Bidh 13 Rabi'ul Awwal 1432 H karena kurang fit, padahal semalam udah sahur. Tapi paginya nggak kuat, daripada jadi makruh mendingan buka aja,hehe...

Dago-Bandung, 06 Februari 2012/14 Rabiul Awwal 1432H
Saya berseragam lengkap dengan alat-alat survey (GPS,Kompas,Note,Alat tulis)

Share on Google Plus

About Muhamad Saepudin

Saya hanyalah seorang penikmat blog dan pembelajar kehidupan. Semoga pembelajaran kehidupanku bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca dan belajar dari kehidupan.

0 comments: