'Kalangkang' itu apa sih?

Merasa tertarik pas liat ada satu grup kontestan Indonesia Mencari Bakat di Trans TV beberapa minggu lalu. Namanya 'kalangkang'. Tau artinya 'kalangkang' nggak? Kalau kamu orang Sunda, pasti tau. Karena kalangkang adalah bahasa Sunda-nya 'bayangan'.
Ilustrasi shadow dance

Persis dengan jenis tarian yang dibawakan oleh grup 'Kalangkang' yaitu jenis Shadow Dancer'. Shadow Dancer bermakna penari yang menggunakan bayangan sebagai sebuah sarana atau obyek tariannya. Berjumlah beberapa penari, kemudian tampil membentuk formasi menirukan berbagai macam bangunan, benda, atau formasi tertentu dengan posisi tubuh para penari. Kadang dibantu dengan sedikit atribut tambahan. Indah sekali memang. Tarian ini akan membuat decak kagum para penontonnya, karena kreativitas dan kelihaian dalam menampilkan bentuk-bentuk formasi yang indah.

Jadi, 'kalangkang' artinya 'bayangan' = 'shadow'.

Selain itu, kata kalangkang juga merupakan sebuah judul lagu pop Sunda miliknya Nining Meida. Lagu 'Kalangkang', cukup terkenal di masyarakat Sunda. Dinyanyikan oleh penyanyi pop Sunda terkenal, Nining Meida.
Sumber : www.google.com


Itu sedikit share dari saya mengenai kata 'kalangkang'. Jika mendengar kata ini saat berada di daerah Jawa Barat, maka artinya adalah bayangan.
Share on Google Plus

About Muhamad Saefudin

Saya hanyalah seorang penikmat blog dan pembelajar kehidupan. Semoga pembelajaran kehidupanku bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca dan belajar dari kehidupan.

0 comments:

//* Autolink *//