Ngomong-ngomong soal jalan raya

Sob, ente pasti punya segudang pengalaman soal berkendara di jalanan??? Mulai dari yang kecil ataupun yang besar, mulai yang remeh temeh hingga yang besar menggelegar (kayak petir aja...hehe). Yap, jalanan merupakan tempat yang menyimpan sekelumit hal-hal yang penting. Nah, ane pengen sedikit cerita sama ente sob soal jalanan. 
Tapi, ane pengen cerita dulu mengenai aktivitas ane sekarang. Ane tinggal di Jatiranggon, Jatisampurna, Bekasi. Tiap hari senin-jum'at bolak balik ke bogor dengan durasi perjalanan sekitar 1,5-2 jam. Oiya, yang ane pake motor Supra-X 125 CW Black-Silver. Ini nih gan fotonya...
Supra-X 125 CW
Ini foto yang ane ambil bulan Mei 2012, ada yang aneh ga???!!! (Hehe...iya, tul betul, belom ada plat nomornya coz masih baru diambil 28 April 2012, sehari setelah ane ulang tahun gan,,hehe jadi sekalian hadiah ultah niih). 
Balik lagi ke laaap...top, kayak Tukul aja ya. Ngomong-ngomong soal "garangnya jalan raya" nih, saya punya cerita menarik. Antara lain :

1) Kalau ada yang jalan naik motor, jalannya pelaaan banget, terus ngalangin kita, kadang kita sering ngedumel, ya ngga?? (entah dibilang "begolah!", "kura-kuralah!", atau kadang keluar dari mulut kita "woooi!! buruan dong, ngalangin niiih!!, atau ada lagi yang lain silakan kembangkan sendiri aja ya...). Mungkin kalau kita ada di posisi yang jalan pelan, kita bisa dikata-katain sama seperti yang kadang kita bilang sama orang yang jalannya pelan kayak kata-kata diatas.

2) Kalau ada yang nyalip motor kita, pasti merasa "panas", pengen nyalip atau ngejar sampai kita bisa ngedahuluin dia lagi. Ya gitu lah kondisi di jalanan. Sepengetahuan ane, ada pengaruh dari mesin motor, yang secara psikologis bisa mempengaruhi diri kita menjadi orang yang "panasan" atau "arogan", "nggak sabaran", tapi cuma kalau lagi di jalanan pas naik motor doang.

3) Hampir dimana-mana, motor nyalip bisa dari kanan dan nggak jarang dari kiri kalau lagi macet. Jadi, yang namanya peraturan lalu-lintas dalam berkendara bahwa mendahului harus dari kanan itu nggak berlaku kalau buat pengendara sepeda motor. Bahkan bukan cuma motor aja, angkot, mobil pribadi juga sama aja kayaknya.

4) Motor seringkali nyalip dengan gaya Zig-Zag. Nnaah ini dia yang sangat berbahaya!!! Waspadalah!!! Waspadalah!!! Nyalip dengan zig-zag merupakan salah satu penyebab kecelakaan yang paling sering dimanapun. Karena ada beberapa hal akibat gaya Zig-Zag: pertama membahayakan si pengendara motor tersebut, karena bisa saja kepeleset dan masuk ke kolong mobil atau ketabrak mobil or motor yang ada di belakangnya saat manuver Zig-Zag; kedua membahayakan pengendara yang ada di belakang motor saat manuver Zig-Zag karena dia tidak siap saat ada motor yang melakukan manuver zig-zag. (Ane suka kesal sama yang satu ini nih, coz sembarangan nyalip kadang datang dari kanan or kiri, huuuuh!. Kadang kalau lagi kepikiran yang buruk, pengen banget nendang supaya jatoh pas nyalip)

5) Kalau di jalanan, biasanya ada pengendara yang kalau dia berhasil lebih dulu dari kita atau dengan kata lain menang balap sama kita, setelah kebut-kebutan balap sama dia, ada pengendara yang langsung nurunin kakinya dengan posisi kaki nyelonjor entah kaki kiri or kanan (kayak posisi kaki kalau mau belok). Nnnah yang ini kayaknya si pengendara anggota geng motor, ataupun bukan. Posisi kaki tadi sebenernya ngejek or ngece, dengan kata lain dia seolah-olah bilang or nantang gini, "Nih lindes kaki gua kalo bisa!!!" atau "tabrak kaki gua ni!!!". (Ane suka kesel juga nih kalo sama yang ini.)

Dan masih banyak lagi yang lainnya.....!!! Itu hanya beberapa hal yang kerap terjadi di jalanan. Mungkin sobat pernah mengalami salah satu atau bahkan semuanya pernah ente alamin. Hmmmm, pesan saya jadilah pengendara yang disiplin, tertib, dan baik.
Salam Biker!!!
Share on Google Plus

About Muhamad Saefudin

Saya hanyalah seorang penikmat blog dan pembelajar kehidupan. Semoga pembelajaran kehidupanku bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca dan belajar dari kehidupan.

0 comments:

//* Autolink *//