Ubuntu or Windows

Ubuntu or Windows???!!!

Hidup adalah pilihan. Begitu juga soal selera dalam menggunakan OS (Operating System) untuk komputer atau laptop. Kalau sobat suka dengan tampilan yang unik, menarik, dan eye-catching pakailah Ubuntu. Alasannya adalah Ubuntu sangat berbeda dengan Windows, karena tampilan Ubuntu yang menarik dan unik. Intinya tidak membosankan dan bikin nyaman. Memang kalau untuk pemula Ubuntu cukup sulit dan membingungkan (termasuk saya, hehe) mulai dari instalasi, upgrade system, maintanance, dan penggunaan aplikasinya. Karena sangat berbeda dengan Windows, Ubuntu perlu connect dengan internet untuk instalasi software yang diinginkan. 

Tetapi yang menjadi kelebihannya, semua software sudah tersedia dari Ubuntu-nya langsung. Yang perlu dilakukan hanya connect internet dan install. Untuk instalasi software di Ubuntu, tersedia pada Software Centre atau bisa pakai Synaptic Package Manager. Dengan begitu, anda cukup terhubung dengan internet saja, dan criiing anda sudah bisa menggunakan aplikasi yang diinginkan. Selain itu, Ubuntu merupakan produk dengan sistem Linux, yang terkenal dengan istilah Open Source. Open Source artinya pengguna Linux (Ubuntu dll) bisa memodifikasi program atau membuat program sendiri dan dijalankan pada komputer atau laptop. Pastinya harus mengerti tentang pemrograman terlebih dahulu. Tapi inilah alasan mengapa para hacker atau pecinta pemrograman menggunakan Linux, selain cepat,unik,menarik, juga terbuka bagi pengguna untuk mengembangkan aplikasi.

sumber : www.google.co.id

Tapi kalau sobat menginginkan kemudahan dalam instalasi dan sudah banyak digunakan adalah Windows. Kelebihannya adalah Windows sudah umum dan familiar digunakan kalangan pemula ataupun mahir dalam bidang komputer. Jadi jangan khawatir kalau Anda masih pemula dalam mengoperasikan perangkat mutakhir di abad-21 ini. Tetapi ada kekurangan Windows antara lain, tampilannya kurang menarik (apalagi kalau sudah tau Ubuntu or Macintosh,hehe), kapasitas sistem besar (lebih besar dari Ubuntu), dan ada satu hal yang menurut saya kurang fair, yaitu Microsoft atau Windows pasti sudah terinstalasi otomatis di setiap komputer atau laptop. Dengan istilah lain Microsoft-pembuat OS Windows-memonopoli perdagangan komputer dan laptop di dunia. Mungkin ini salah satu yang menjadi alasan kenapa Steve Jobs membuat produk baru, Apple.
sumber : www.google.co.id

Nah, bagi anda silakan pilih salah satu OS yang akan digunakan untuk komputer atau laptop, Windows atau Ubuntu/Linux. Bagi saya dua-duanya penting, sehingga saya menginstal dua OS dalam laptop yang saya pakai ini. Hehe.

Semoga bermanfaat! Salam teknologi!
Share on Google Plus

About Muhamad Saefudin

Saya hanyalah seorang penikmat blog dan pembelajar kehidupan. Semoga pembelajaran kehidupanku bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca dan belajar dari kehidupan.

0 comments:

//* Autolink *//