Aneka kado yang tak dijual di toko: #3 Kebebasan

Kado selanjutnya yang tak dijual di toko setelah kehadiran dan mendengar adalah kebebasan. Kebebasan ini bukan berarti, "kamu bebas berbuat semaumu, seenakmu saja". Saat anda mencintai seseorang, bukan artinya kita berhak mengatur atau memiliki kehidupannya semau kita. Tapi kita memberikannya kebebasan. Kebebasan seperti apa? Kebebasan yang memiliki makna bahwa kita memberi kepercayaan penuh kepadanya untuk bertanggung jawab terhadap diri dan hubungannya dengan kita dan orang lain.


Kebebasan yang diberikan pada pasangan merupakan salah satu bentuk perwujudan cinta yang dewasa. Bukti cinta antara dua orang dewasa didalamnya tercipta saling mempercayai satu sama lain. Tidak mudah cemburu. Tidak cepat menghakimi saat ada sesuatu yang belum pasti. Disinilah pentingnya, sebagai seorang pasangan untuk memberikan "kebebasan" berupa kepercayaan. Saat seseorang merasa diberikan kepercayaan, maka dirinya merasakan dihargai karena kemampuan dalam bertanggung jawab. Namun, saat dia merasa dikekang, kebebasannya seakan direnggut, dirinya merasa tak dihargai dan seolah dianggap pribadi yang tidak mampu bertanggung jawab.

Dalam dunia kerja, seorang atasan dituntut untuk memiliki sikap percaya atas bawahannya. Sehingga sebagai bawahan, dia merasa dianggap mampu melakukan pekerjaan kantornya. Bukan berarti bebas, seorang bawahan bisa melakukan pekerjaan seenaknya, namun dia harus membalas kepercayaan yang telah diberikan oleh atasannya dengan kerja yang baik dan produktif. 


Share on Google Plus

About Muhamad Saefudin

Saya hanyalah seorang penikmat blog dan pembelajar kehidupan. Semoga pembelajaran kehidupanku bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca dan belajar dari kehidupan.

0 comments:

//* Autolink *//