Makna kebahagiaan yang sejati

Banyak orang berusaha untuk merubah apapun yang ada di depan mata dengan cara apapun yang bisa, bahkan tak peduli cara yang baik atau salah, padahal dengan merubah diri terlebih dahulu (pikiran;cara pandang) segala yang ada di depan mata akan berubah dengan sendirinya, meski secara fisik tak jauh berbeda.

Banyak orang ingin merubah penampilan fisik agar terlihat indah dan cantik saat dilihat orang lain, dengan cara perawatan tubuh berkala, pemakaian kosmetik mahal, bahkan hingga operasi plastik sekalipun ditempuh untuk mendapatkan penampilan yang cantik. Padahal, kecantikan bukan hanya dipandang dari sisi fisik semata. Saat seorang wanita mempunyai kepribadian yang baik, maka akan dengan sendirinya lingkungan menilai dia merupakan wanita yang cantik. Itulah yang dikatakan dengan inner beauty.


Banyak orang berusaha mendapatkan kebahagiaan dengan cara mencari uang sebanyak-banyaknya, membeli mobil semewah-mewahnya, memiliki rumah seharga miliaran rupiah. Padahal kebahagiaan bukan dilihat dari kepemilikan harta yang melimpah, mobil yang mewah, rumah yang mahal, tetapi kebahagiaan timbul karena ada ketenangan hati. Ketenangan hati muncul dari sebuah kesyukuran atas apa yang dimiliki dan kedekatan diri dengan Tuhan Yang Maha Kuasa, yang menciptakan hati dan memberikan ketenangan pada jiwa seorang hamba-Nya. Lihat, sekalipun orang yang termasuk kelas ekonomi menengah ke bawah, saat tidur bisa dengan nyamannya, minum dengan segarnya, tertawa riang dengan keluarganya, bahagia yang mereka dapatkan; sekalipun tidak bergelimangan harta mereka tetap bahagia.

Jadi, mari berpikir lebih jernih lagi mulai dari sekarang. 
Untuk Anda yang diberi nikmat berupa harta yang banyak, bersyukurlah dan jangan lupakan lingkungan sekitar Anda yang membutuhkan, sisihkanlah bagian untuk mereka, insyaAllah Anda akan mendapatkan kebahagiaan batin.
Untuk Anda yang diberi nikmat berupa harta yang cukup, bersyukurlah dan sedekahkanlah apa yang Anda mampu, insyaAllah Anda pun akan mendapatkan kebahagiaan.
Dan bagi Anda yang sedang diberikan ujian berupa kekurangan harta, jangan pernah menyerah untuk berusaha, dan tetap bersemangat untuk menghadapi dunia ini. Karena ketika Anda lulus dari ujian ini, maka Anda akan menjadi orang yang siap ketika diberikan nikmat menjadi golongan kelas ekonomi menengah ke atas.
So, mulailah merubah pikiran kita dengan melihat sesuatu secara bijak.
Share on Google Plus

About Muhamad Saefudin

Saya hanyalah seorang penikmat blog dan pembelajar kehidupan. Semoga pembelajaran kehidupanku bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca dan belajar dari kehidupan.

0 comments:

//* Autolink *//