Arti "ulun"

arti ulun dalam bahasa banjar
Arti kata "ulun" dalam bahasa Banjar
Saya ingin memulai tulisan ini dengan sebuah pepatah terkenal di negeri kita tercinta. Bunyi pepatah tersebut adalah "dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung". Arti pepatah tersebut kira-kira adalah dimana kita berada, maka wajib hukumnya kita menjunjung tinggi dan menghargai adat dan budaya yang diyakini oleh masyarakat setempat. Ingat ya, kita harus bangga dengan keanekaragaman bangsa ini. Dan oleh karena itu, kita harus menjaganya dengan sekuat tenaga. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menghargai dan menghormati adat dan budaya yang ada di seluruh penjuru Indonesia. Baik itu di dunia nyata, saat kita merantau dan kemudian menjadi bagian dari salah satu daerah tertentu di pulau tertentu di Indonesia. Ataupun saat kita berselancar di dunia maya, macam Facebook, Twitter, Instagram, Whatsapp, dll.

Okey, langsung aja ya. Mungkin teman-teman lagi semangat-semangatnya belajar bahasa Banjar, jadi kita langsung bahas aja, saya khawatir menurunkan semangat belajarnya.

Sebelumnya saya sudah pernah bahas arti "bujur" dalam bahasa Banjar. Edisi kedua ini saya akan berbagi mengenai arti kata "ulun". Oh iya, bagi yang baru mampir di blog ini, untuk diketahui saya bukan asli suku Banjar, tapi saat ini domisili di Samarinda. Tapi karena saya punya ketertarikan tersendiri dengan seni dan budaya disini, sedikit demi sedikit saya sempatkan waktu untuk mempelajarinya. Supaya saya bisa ingat beberapa kosakata bahasa Banjar yang sudah saya tahu artinya, akan saya posting di blog ini. Barangkali bisa menambah wawasan juga buat sobat sekalian, terlebih bagi yang baru merantau ke bumi etam. 

Kata "ulun" dalam bahasa Banjar artinya adalah saya atau aku. Tapi untuk percakapan sehari-hari orang Samarinda sendiri biasanya lebih sering memakai kata aku. Kecuali jika sedang mengobrol dengan orang Banjar (baca: suku Banjar). 

Baiklah, mungkin itu sedikit sharing saya tentang arti kata "ulun" dalam bahasa Banjar. Semoga bermanfaat. 

Salam,
Share on Google Plus

About Muhamad Saepudin

Saya hanyalah seorang penikmat blog dan pembelajar kehidupan. Semoga pembelajaran kehidupanku bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca dan belajar dari kehidupan.

7 comments:

ninda said...

oh gitu bang baru tahu...
kosakata lain bahasa banjar dong bang

Muhamad Saepudin said...

baiklah, insyaallah next time saya posting lagi :)

Ayu Citraningtias said...

sering mendengar kata ini krn skrng tinggal di sampit

Muhamad Saepudin said...

iya mba Ayu, kata ulun tersebar di semua daerah di Kalimantan...

Marchone said...

Ulun itu aselinya bukan bahasa banjar atau sulawesi selatan tapi berasal dari bahasa lampung 1.di kalsel dlm sukadana/kab lampung cabang kerajaan lampung dlm penyebaran islam menjadi kerajaan banjar ULUN; 2.disulsel didanau silampulung TTG LAMPUNG ULUN mereka hapus kata2 tsb 3.dilampung artinya orang lain/teman/saudara di sulsel n banjar artinya menjadi saya

Marchone said...

Ulun itu aselinya bukan bahasa banjar atau sulawesi selatan tapi berasal dari bahasa lampung 1.di kalsel dlm sukadana/kab lampung cabang kerajaan lampung dlm penyebaran islam menjadi kerajaan banjar ULUN; 2.disulsel didanau silampulung TTG LAMPUNG ULUN mereka hapus kata2 tsb 3.dilampung artinya orang lain/teman/saudara di sulsel n banjar artinya menjadi saya

Marchone said...

Jd lampung ulun/banjar ulun artinya lampung orang/kalian yg bahasa banjar atau sulsel jadi lampung/banjar saya