6 Manfaat Berenang

Selamat sore dumay, gimana kabarnya di sweet thirdteen tahun 2016 ini? :-) Sudah melakukan apa aja nih di 13 hari tahun 2016 ini? Hehehe...semoga tetap berada di jalan yang lurus dalam dunia ini buat semuanya.

Kali ini saya ingin berbagi tulisan mengenai dunia air. Eitts...tenaaang, saya bukan Deni si manusia ikan atau Avatar si pengendali air kok. Hahaha. 

Tiba-tiba aja terpikir untuk berbagi sedikit ilmu mengenai salah satu olahraga yang jadi hobi saya. Yah, minimal dalam 2 tahun belakangan ini laah, hehe. Emang apaan? Apalagi kalau bukan soal renang. Okey, langsung aja ya. 

Berenang merupakan salah satu olahraga air yang cukup familiar. Namun bagi sebagian orang masih menjadi hal yang jarang dilakukan, dengan bermacam alasannya. Lebih banyak ke futsal, badminton, jogging, dan lain-lain. 

manfaat berenang bagi kesehatan
Ingat lho yaa, berenang bukan bermain air atau berendam di kolam renang. Kalau hanya bermain air atau berendam semua orang mungkin suka. Tapi kalau berenangnya, paling hanya 5-10 menit. Ya kaan....? Ngaku aja deh. hehe.

Jadi, ini dia 6 manfaat berenang yang ingin saya share buat teman-teman semua. Saya yakin banyak sekali manfaat berenang ini, tapi menurut saya 6 manfaat renang yang utama antara lain:

1. Melatih fleksibilitas dan kekuatan
Manfaat yang pertama dari olahraga renang adalah meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan tubuh. Berenang merupakan salah satu olahraga yang mengharuskan semua bagian tubuh kita bergerak. Mulai dari kepala sampai kaki. Sederhananya, jika otot-otot tubuh kita sering digerakkan maka praktis akan menjadi lebih luwes. Begitu juga dengan persendian tulang pada tubuh kita. Tapi hati-hati, jika sebelum renang tidak dilakukan pemanasan yang cukup, yang terasa setelahnya malah badan jadi pegal-pegal. Oleh karena itu pemanasan sebelum berenang menjadi salah satu hal yg cukup penting untuk dilakukan. Sebagaimana olahraga yang lainnya.

Lalu kekuatan tubuh kita juga akan meningkat karena bagian-bagian otot tubuh kita terutama otot lengan, otot dada, otot punggung, otot leher, dan otot kaki, yang digerakkan saat berenang akan terlatih. Layaknya orang berlatih fitnes. Semakin sering otot-otot tubuh kita dilatih dengan beban, maka akan semakin kuat. 

michael phelps
Coba saja lihat, para perenang macam Michael Phelps (dijuluki Torpedo) bisa memiliki badan yang ideal, six pack. Dadanya bidang dengan otot-ototnya. Kakinya dan lengannya berotot. Jika dilihat dari belakang terlihat otot punggung dan pundak yang kokoh.

2.Meningkatkan ketahanan tubuh
Sudah jelas bahwa semua jenis olahraga bermanfaat untuk meningkatkan ketahanan tubuh. Begitu juga dengan berenang. Malah kalau menurut pengalaman saya, berenang akan meningkatkan ketahanan seseorang lebih baik terlebih saat diserang udara yang cukup dingin. Ini berdasarkan pengalaman saya sendiri sih, belum teruji secara ilmiah. Percaya gak percaya, saya sendiri rasanya akan merasa gampang sakit kalau tidak berenang sama sekali dalam seminggu, apalagi dalam sebulan.

3. Melancarkan peredaran darah
Dalam berenang, seluruh otot dan persendian akan berkonstraksi. Seiring dengan itu, kerja jantung dan paru-paru dituntut untuk lebih keras. Karena jantung yang bertugas memompa darah ke seluruh tubuh. Kalau jantung kita sehat, maka peredaran darah dalam tubuh kita akan lancar.
   
4. Melatih pernapasan
Pernapasan merupakan salah satu faktor penting yang harus dikuasai jika seseorang ingin mahir berenang. Biasanya jantung dan paru-paru seorang perenang bagus dan sehat, karena selalu terjaga dengan berenang. Sehingga seorang perenang akan memiliki ruang paru-paru yang relatif lebih besar dibanding yang nggak pernah melakukan renang. Hal ini dikarenakan paru-paru seorang perenang lebih terlatih dalam bernafas. Terlebih lagi, bernafas di dalam air berbeda dengan bernafas dalam kondisi normal. Saat berada di dalam air, paru-paru akan bekerja lebih keras untuk memasok oksigen yang cukup bagi tubuh. Dan tekanan pada tubuh akan memaksa kita untuk bernafas lebih pendek dan lebih cepat. Dengan latihan berenang, kapasitas paru-paru akan meningkat.

Pengalaman, awal saya berenang, untuk menempuh jarak 20 meter saja sudah ngos-ngosan, itu juga sudah nggak karuan serasa mau pingsan. Mungkin diantara kita pernah mengalaminya. Oleh karena itu, berenang merupakan olahraga yang tepat untuk melatih paru-paru kita.
5. Menyenangkan hati dan pikiran
Tak sedikit orang yang melakukan aktivitas renang tujuannya bukan berolahraga. Tapi sekedar melepas penat dari menumpuknya pekerjaan yang ada di kantor. Atau melepas stres. Memang berenang selain bermanfaat secara fisik, ternyata memiliki manfaat secara psikis. Yang pertama mampu meringankan beban pikiran. Jika stress sedang tinggi di kantor, alangkah baiknya mencoba berenang. Bisa dengan keluarga atau teman.

6. Membentuk pribadi berkarakter positif
Manfaat psikologis yang kedua yaitu membentuk pribadi positif. The United States Water Fitness Association menyebutkan bahwa salah satu benefit dari berenang adalah membentuk individu agar memiliki karakter positif dan kerja sama tim yang baik. Saya sendiri merasakan, setelah rutin menjaga aktivitas olahraga renang ini selama 2 tahun lebih, ternyata pikiran positif seperti optimis dan percaya diri dalam diri saya semakin meningkat. 

Wajar saja karena saat berenang kita dilatih untuk berani dan optimis bisa melewati  dalamnya air dengan jarak tertentu. Coba saja, kalau bukan karena keberanian dan keyaknian yang kuat, dalamnya kolam renang yang seminimal-minimalnya 160 centimeter aja bisa menciutkan nyali kita. Apalagi lebih dari itu.

Nah, sebetulnya ada satu lagi manfaat yang sangat penting dan utama dari renang ini. Yang kalau menurut saya, tanpa tahu manfaat renang secara fisik dan psikologis-pun, saya akan berusaha melakoninya. Berenang ternyata merupakan salah satu perintah Nabi. Sebagian ulama bahkan menyebutkan bahwa salah satu olahraga yang disunnahkan Nabi adalah renang, selain berkuda dan memanah. 

Berikut ini hadits Nabi yang menyatakan perintah atau anjuran berenang dan mengajarkan renang,
"Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahuanhu bahwa Rasulullah SAW bersabda,"Segala sesuatu yang di dalamnya tidak mengandung dzikrullah merupakan perbuatan sia-sia, senda gurau, dan permainan, kecuali empat (perkara), yaitu senda gurau suami dengan istrinya, melatih kuda, berlatih memanah, dan mengajarkan renang.” (HR. An-Nasa’i)

Buat saya pribadi, renang merupakan olahraga yang menyenangkan. Selain memiliki keutamaan-keutamaan yang komplit, secara tuntunan agama dan secara ilmiah, renang rupanya telah membuat saya jatuh cinta. Healthy inside, fresh outside. (bukan iklan ya, hehe). Sehingga saya masukkan ke dalam wishlist saya di tahun 2014. Setelah tercapai di 2014, wishlist selanjutnya di tahun 2015 saya tingkatkan sedikit, yaitu bisa renang dengan rutin minimal 1 kali per bulan. Pada realisasinya masih ada yang bolong-bolong. Tapi saya sudah berusaha untuk merutinkan diri. Lalu kali ini, masih saya masukkan di wish list tahun 2016. Saya ingin menjaga aktivitas renang 1 kali per pekan. Semoga tercapai.

Buat teman-teman yang belum menyukai berenang, semoga tulisan saya yang sederharna ini bisa membuka wawasan dan inspirasi tetang renang. Hopefully, teman-teman bisa mulai mencoba untuk bermain dengan air.
   
Salam olahraga dan keep health
 
Share on Google Plus

About Muhamad Saefudin

Saya hanyalah seorang penikmat blog dan pembelajar kehidupan. Semoga pembelajaran kehidupanku bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca dan belajar dari kehidupan.

5 comments:

Ratu SYA said...

Halo mas, salam kenal.
Makasih kunjungannya.
Hm... Aku suka berenang, cuma sampe tahap celup2 doang abis itu gaya siput, ngerayap di pinggiran. Ahahaha.
Btw, renang kok kadang bikin napsu makan ya? Selalu laper menggebu2 kalo abis main air, apa cuma perasaan saya doang?!

Muhamad Saefudin said...

Halo juga mba, salam kenal. Ditambah gaya batu biar lebih kereen mba, hehehe. Renang memang bisa bikin lapar banget, karena saat renang butuh energi lebih banyak, terlebih jika kondisi dingin metabolisme tubuh bekerja lebih cepat dibanding di darat. Maka butuh asupan lebih banyak untuk memproduksi energi yg cukup tsb.

Mungkin begitu ya mba :-)

Mugniar said...

Memang bermanfaat, ya Mas ... dibuktikan sendiri.
Kalo saya ... gak bisa berenang -_-

Menanggapi pertanyaan Mbak Ratu di atas ... kalo habis renang, nafsu makan meningkat berarti makanannya lagiyang harus dijaga ya. Jangan lantas jadi makan apa saja, ntar bisa ndut :)

Muhamad Saefudin said...

Betul mba...minimal suka ke kolam renang aja dulu, nanti kalau sering jadi bisa renang kok :-D

Porsi renang:makan = 4:1 yaa...:)

Guru Renang Jakarta said...

Guru Renang Belajar Kursus Les Privat Semua Gaya Berenang Pelatih Renang Profesional Jakarta 081286606678, 081286608678 GURU RENANG JAKARTA

Anda pengen mahir berenang? Siap melatih renang bagi siapapun untuk umur berapapun. Team Pelatih Renang Kami siap memberikan Les Privat Renang Di Kolam Renang Apartemen Jakarta Pusat, Apartemen Jakarta Barat, Apartemen Jakarta Timur, Apartemen Jakarta Utara, Apartemen Jakarta Selatan.

Bagi Anda yang memiliki Anak, segera pastikan Anak Anda dapat berenang. Dengan renang akan membuat stamina Anak kuat dan pertumbuhan badan meningkat pesat. Serta tentu akan melatih kepercayaan tinggi. www.gururenang.com
Untuk Anda yang sudah dewasa atau beranjak tua. Jangan takut, tidak ada kata terlambat. Dengan melatih olahraga renang, otot otot tidak akan kaku dan mencegah Syaraf kejepit. Saya siap melatih renang bagi siapapun Anda dengan ketentuan sbb:

- Paket Renang 6x Pertemuan Untuk 1 Bulan Rp 1 Juta atau Rp 150rb Per Pertemuan Di Kolam Renang Jakarta.
- Satu sesi belajar renang kurang lebih 1,5 Jam.
- Pembayaran dibayar dimuka.
- Biaya belum termasuk Tiket masuk ke kolam renang.
- Terima Kursus Private Satu orang, atau Semi Privat lebih dari satu orang.
- Siap untuk melatih renang dimanapun Anda berada di Jakarta.
- Kolam Renang bisa Anda yang pilih, atau bisa juga tempat kolam renang berdasarkan masukan dari saya.
- Jadwal belajar Renang bisa ditentukan berdasarkan kesepakatan dua belah pihak.
- Siap melatih bagi Anda yang belum bisa renang sama sekali, atau bagi Anda yang bermaksud untuk memperlancar setiap gaya renang.
- Siap melatih Renang Gaya Dada/Breaststroke Swim, Renang Gaya Bebas/Freestyle Swim, Renang Gaya Kupu Kupu/Butterfly Swim, Renang Gaya Punggung/Backstroke Swimming. Tergantung minat Anda.

Ayo, segera hubungi HP/WA di 081286606678. Saya sebagai perenang yang telah menguasai renang dari umur 5 tahun sampai sekarang aktif di Kompetisi Renang umur Senior, siap melatih Anda untuk dapat percaya diri berlatih olahraga renang.

WWW.GURURENANG.COM siap juga menerima Kursus Belajar Renang untuk Pelajar Sekolah SD, SMP, SMU secara kelompok yang dapat dikerjasamakan dengan seluruh Sekolah baik Negeri/Swasta di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Timur.
Team Guru Renang di www.gururenang.com siap memberikan Les Privat Kursus Renang dengan Pelatih Renang/Swim Coach Pria Wanita berpengalaman untuk di Kolam Renang Umum Jakarta seperti di Kolam Renang Jakarta Pusat, Kolam Renang Jakarta Barat,Kolam Renang Jakarta Selatan, Kolam Renang Jakarta Timur,Kolam Renang Jakarta Utara. PELATIH RENANG JAKARTA

//* Autolink *//