Beberapa Hal yang Membuat Saya Suka Kota Tenggarong

Pernah berkunjung ke Pulau Kalimantan? Sayang banget kalau belum pernah main ke salah satu pulau besar yang terkenal dengan "Borneo" ini. Selain kaya dengan pertambangan, pulau ini menyimpan jutaan sisi eksotis yang bisa menarik para wisatawan domestik maupun asing.

Baru-baru ini salah satu kota kaya di pulau Kalimantan, Kota Tenggarong, mengadakan festival seni dan budaya. Namanya EIFAF, singkatan dari Erau International Folks Art Festival. Menampilkan budaya khas suku Dayak yang ada di Kalimantan, khususnya Kalimantan Timur dan Kabupaten Kutai Kartanegara. Ada tari dayak, lomba tradisional, pameran batu akik, dan penampilan seni-budaya khas daerah.

Tenggarong merupakan salah satu kota yang berada di Kabupaten Kutai Kartanegara. Memiliki luas 398,10 km2 dengan terdiri atas 12 desa. Beberapa hal yang membuat setiap orang berkunjung ke sini pasti pengen balik lagi adalah:

1) Tata kotanya yang masih mempertahankan keaslian tradisi, peninggalan kerajaan Kutai Kartanegara
2) Kalau mau berkunjung, harus menggunakan perahu/ferri untuk menyeberang dengan waktu sekitar 10-15 menit. (Setelah jembatan Tenggarong roboh pada tahun 2012. Saat ini masih proses pembangunan kembali)
3) Banyak destinasi wisata, baik panorama alam, kuliner, maupun wisata seni dan budaya. Ada Museum Mulawarman, Museum Kayu Tuah Timba, Pulau Kumala, Planetarium, Ladaya (ladang budaya), Waduk Panji Sukarame, Makam Raja-Raja Kutai, Taman Bawah, dan lain-lain.
4) Kota ini terletak di pinggir sungai Mahakam, jadi kalau sore hari sambil santai...hmmm luar biasa indahnya kota ini.Istilah kerennya "Riverside City"

5. Dan masih banyal lagi yang gak bisa disebutkan semuanya. Saya cuma bisa kasih bocoran beberapa hal aja, selebihnya datang sendiri aja yaa,,untuk membuktikan dan merasakan langsung keindahannya. Karena lebih indah kalau bisa langsung liat sendiri.


Beberapa jepretan di spot-spot yang sering jadi tempat berfoto ria:

creative park






creative park


creative park


--------------------------------------------------------------------------------------------
Baca Berenang sampai ke Samarinda
Share on Google Plus

About Muhamad Saefudin

Saya hanyalah seorang penikmat blog dan pembelajar kehidupan. Semoga pembelajaran kehidupanku bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca dan belajar dari kehidupan.

0 comments:

//* Autolink *//