Ekspresi: #4 Cemberut

Sumber: metrotvnews.com

Mereka yang suka cemberut lebih berpeluang terserang penyakit jantung daripada yang senantiasa gembira dan bersemangat. Itu terungkap dalam studi observasi yang diadakan Karina Davidson dari Pusat Medis Universitas Columbia, AS.

Davidson dan timnya mengikuti perkembangan 1.739 orang selama 10 tahun. Para partisipan studi diperiksa untuk mengetahui risiko penyakit jantung dan emosi positif dan negatif. Rasa gembira, bahagia, senang, bersemangat, dan puas digolongkan sebagai pengaruh positif.

Tim Davidson membagi pengaruh positif ke dalam lima tingkatan mulai tidak sama sekali hingga ekstrem. "Partisipan yang tidak memiliki pengaruh positif berisiko 22% lebih besar mengalami serangan jantung ketimbang mereka yang memiliki sedikit pengaruh positif," tulis Davidson dalam European Heart Journal.

Sementara itu, mereka yang mempunyai sedikit pengaruh positif berisiko lebih besar bila dibandingkan dengan yang memiliki pengaruh positif pada level sedang. (MI/ICH)
Share on Google Plus

About Muhamad Saefudin

Saya hanyalah seorang penikmat blog dan pembelajar kehidupan. Semoga pembelajaran kehidupanku bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca dan belajar dari kehidupan.

0 comments:

//* Autolink *//