Tempat Wisata Keren di Tenggarong

Weekend yang dinantikan kini telah tiba. Setelah minggu lalu libur cukup panjang, hari ini tak terasa sudah memasuki hari Sabtu lagi. Dan beberapa dari kita mungkin akan minta bantuan mbah Google untuk dicarikan tempat wisata keren dan asyik. Atau mungkin tanya ke teman-teman dekat. Atau saudara dan keluarga.

Nah, saya ingin menambah daftar pencarian untuk tempat wisata keren di Tenggarong. Salah satu kabupaten terkaya di Indonesia, bahkan kalau tidak salah kabupaten terkaya di negeri ini. Woow! Kutai Kartanegara, you are so rich! Kenapa bisa jadi salah satu kabupaten terkaya di negeri ini? [Silakan bisa ditelusuri di tulisan sebelumnya: Sejarah perubahan nama bandara Sepinggan, Balikpapan].

Selain karena kekayaan alamnya yang terkenal hingga ke mancanegara, Kalimantan Timur juga terkenal karena keindahan-keindahan alamnya. Mungkin sudah sering lihat tayangan tempat wisata di Kaltim seperti Berau dengan Pulau Derawan, Pulau Samama, Pulau Babakan, Pulau Maratua, dan Pulau Sangilakinya. Pantai di pulau-pulau tersebut indah sekali, dan bisa untuk snorkling. Pasirnya yang putih terhampat luas. Banyak wisatawan domestik bahkan wisatawan asing datang kesana.

Satu lagi dari Kalimantan Timur, tepatnya Kutai Kartanegara, ada satu wisata yang keren sekali. Wisata Ladang Budaya (Ladaya) namanya. Salah satu wisata favorit warga Kukar, Samarinda, dan sekitarnya. [Baca : Beberapa destinasi wisata di Tenggarong]

Lokasi
Terletak di Jl. H. Bachrin Seman Mangkurawang, Tenggarong, Kutai Kartanegara. 

Ladaya Tenggarong menyuguhkan eksotisnya karya manusia, seperti beberapa bangunan dari kayu. Nuansa alam yang mengelilinya menambah keasrian tempat ini. Ditambah kicauan burung dan beberapa hewan lainnya. Biasanya setiap akhir pekan diadakan pentas seni seperti teatrikal adat. Kukar memang sangat menjunjung tinggi budaya seni dan adat daerah. Setiap tahun biasanya digelar Erau adat bangsa Kutai yang dirangkai dengan pagelaran kesenian dari berbagai daerah dari luar negeri. Dikenal dengan EIFAF (Erau and International Folk Art Festival). Salah satu cara promosi keren dari pemkab Kukar dan sekaligus upaya pelestarian seni dan budaya daerah. Sayang, saya belum pernah mengikuti acara utamanya, hanya pernah berkunjung ke pamerannya. Terakhir EIFAF 2015 juga belum sempat mengikuti acaranya, karena digelar malam hari.

Ladaya sendiri berada di bawah Yayasan Lanjong Kutai Kartanegara yang berdiri pada 31 Januari 2002, berawal dari kegelisahan akan pudarnya seni-budaya daerah. Adapun divisi yang ada disana adalah Divisi Tari, Divisi Musik, dan Divisi Teater. 

Lanjong sendiri berarti wadah. Alat yang terbuat dari anyaman rotan tersebut biasa dipakai oleh masyarakat tradisional sekitar untuk membawa hasil panen dari ladang atau keperluan lain.

Selengkapnya mengenai Yayasan Lanjong bisa dilihat di http://www.lanjongartfoundation.org.
Salut untuk Kukar! Peduli terhadap kelestarian seni dan budaya daerah. Semoga tetap lestari.

Beberapa jepretan saya saat berkunjung ke Ladaya Tenggarong.


ladaya tenggarong
Penginapan Ladang Budaya

ladaya tenggarong
penginapan



ladaya tenggarong

Jika sedang berada di Samarinda atau Kutai Kartanegara, luangkanlah waktu untuk ke tempat keren ini. Dijamin asyik.

Happy Weekend!

Share on Google Plus

About Muhamad Saefudin

Saya hanyalah seorang penikmat blog dan pembelajar kehidupan. Semoga pembelajaran kehidupanku bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca dan belajar dari kehidupan.

3 comments:

Threedays Photography said...

Salam kenal dari Bali,
Kami menawarkan paket prewedding atau family photography (liburan di bali sambil photo prewedding atau family photo)
3 hari 2 malam hanya Rp. 5.000.000,-
Sudah termasuk :
• Menginap 3 hari 2 malam di Hotel atau bungalow di Bali (area Kuta, Seminyak, Sanur, Ubud) tergantung persediaan kamar pada hari pemesanan.
• Gratis penjemputan di Bandara Ngurah Rai ke hotel
• Biaya masuk ke lokasi pemotretan
• Makan siang atau makan malam “Halal Food” (sesuai dengan waktu pemotretan)
• free mineral water
• 2 atau 3 Photographer dan 1 assistant photographer
• Durasi pemotretan 8 – 10 Jam
• unlimited photo editing (fleksibel)
• Free slideshow
• Gratis 1 hari tour (durasi 10 H) mengunjungi objek wisata di bali
Silahkan hubungi website kami di http://www.3daysphotography.com/
Instagram https://www.instagram.com/threedaysphotography/
Mobile : 081238128654
Pin : 524E0631

Kepulauan Derawan said...

Wah Kerena ya,,, kalimantan timur ternyata banyak menyimpan tempat wisata yang tak kalah menarik dengan kota lainnya,, seperti pulau derawan

Muhamad Saefudin said...

betul sekali :)

//* Autolink *//