Google Doodle Kemerdekaan Indonesia

Semua pengguna internet pasti mengenal Google. Sebuah mesin pencari yang jadi penguasa di era digital ini telah mengalahkan yang lain seperti Yahoo, Bing, dan lain-lain. Dulu, saat pertama kali saya mengenal internet, ya Google ini yang dibuka. 

Sekarang, kalau perlu informasi apapun, buka Google. Ingin tahu tentang bisnis, buka Google, dan tinggal menulis kata kunci di kolom "search". Dan tak lama muncul situs-situs yang akan menjawab kebutuhan informasi si pengguna internet tersebut. Perlu informasi tentang berita yang terjadi di nasional atau internasional, cukup buka Google dan ketik kata kuncinya. Butuh info beasiswa, buka Google. Butuh info tentang tempat wisata di luar pulau yang ditempati, tanya Google. Semua info apapun, Google menyediakannya. Bahkan, jika ada yang perlu calon pendamping hidup, juga ada di Google. Hihihihi. 

Mungkin hidup kita di era digital, tidak akan lepas dari Google. Luar biasa. Dan perlu kita tahu, Google saat ini telah meraup keuntungan yang luar biasa dari bisnisnya, dimana dia membuat one stop service. Cukup punya email Gmail, bisa untuk berbagai macam keperluan. Seperti Google Play Store, Google+,Youtube,Google Drive,dll. Bayangkan saja dengan orang mendownload applikasi dari Google PlayStore, Google telah meraup keuntungan sebesar USD 33 milyar per Januari 2016, sejak Android diluncurkan pada tahun 2008 (sumber). Belum lagi dari Youtube, iklan, dan lain sebagainya.

Kreativitas dan Inovasi Google:Google Doodle

Salah satu faktor yang menunjang eksistensi sebuah bisnis adalah kreativitas dan inovasi. Dua hal ini berbeda tapi saling berhubungan. Kreativitas merupakan modal untuk membuat inovasi. Setiap detik, Google selalu meluncurkan ide-ide briliannya. Dan salah satu kreativitasnya dalam menyajikan tampilan yang menarik adalah adanya Google Doodle.

Apa itu Google Doodle?
Google Doodle adalah logo-logo Google yang didesain dan dimodifikasi sedemikian rupa yang ditampilkan pada saat ada peringatan atau event-event tertentu pada setiap negara yang men-support Google. Tim Desainnya adalah Dennis Hwang. Dibantu timnya antara lain Michael Lopez, Ryan Germick, Susie Sahim dan Jennifer Hom. Merekalah yang berada dibalik terbuatnya desain Google Doodle yang sangat menarik dan atraktif. 

Google Doodle Kemerdekaan Indonesia

Nah, ternyata hari kemedekaan negara kita tercinta pun selalu dijadikan Google Doodle sejak tahun 2009 hingga 2015 ini. Wajar saja, karena Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi salah satu pengguna layanan Google terbesar di dunia. 
Berikut ini beberapa Google Doodle yang pernah ada bersumber dari www.google.com/doodles:

Google Doodle HUT RI 2009
Google Doodle HUT RI Tahun 2009

Google Doodle HUT RI Tahun 2010
Google Doodle HUT RI Tahun 2010
Google Doodle HUT RI Tahun 2011
Google Doodle HUT RI Tahun 2011
Google Doodle HUT RI Tahun 2012
Google Doodle HUT RI Tahun 2013




Google Doodle HUT RI Tahun 2014
Khusus untuk Google Doodle HUT RI Tahun 2014 ini, dibuat oleh putra bangsa, yakni Tommy Chandra. Seorang desainer dan ilustrator ternama. Dimana yang terpilih akhirnya desain yang berlatar belakang rumah-rumah khas nusantara, berbagai daerah seperti Minang, Jawa, dll. Dimana ada 2 siswa yang sedang mengibarkan bendera merah putih dan beberapa anak yang merayakan kemerdekaan dengan wajah semringah. Berikut sketsa untuk membuat Google Doodle diatas
Sketsa by Tommy Chandra

Google Doodle HUT RI Tahun 2015

Dari 7 Google Doodle HUT RI, ada 1 desain yang kurang diterima dengan baik oleh warga Indonesia, khusunya netizen. Yakni Google Doodle untuk HUT RI tahun 2013, karena disitu ada desain yang dianggap melecehkan lambang negara Indonesia, burung Garuda. Pada Google Doodle tersebut, burung garudanya tidak sama seperti di burung Garuda yang asli dengan segala detailnya. Seperti jumlah sayap, kakinya tidak memegang pita bertuliskan "Bhinneka Tunggal Ika", dan lain sebagainya. Hal ini berbeda dengan Google Doodle yang dibuat untuk memperingati Hari Kemerdekaan negara lain yang dibuat persis seperti aslinya. Bahkan tidak ada modifikasi sama sekali. Seperti contoh untuk negara Albania dan Maroko.

Google Doodle Independence Day Albania

Google Doodle Independence Day Maroko

Tapi, over all, saya cukup kagum dengan karya-karya yang ditampilkan sebagai Google Doodle ini, karena kadang Google Doodle yang dibuat tidak hanya dalam bentuk gambar statis namun juga gambar dinamis. Bahkan pernah bentuknya games, sehingga bisa dimainkan dengan kursor. Seperti contoh di bawah ini.
Google Doodle Mother's Day 2015 (Panama)

So, kita tunggu desain Google Doodle untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI tahun 2016 ini, yang merupakan ulang tahun ke-71. Harapan saya pribadi, putra bangsa diberi kesempatan lagi untuk membuat desainnya. Selain menjadi kebanggan tersendiri, juga agar tidak ada kesalahan seperti Google Doodle HUT RI Tahun 2013.
Share on Google Plus

About Muhamad Saefudin

Saya hanyalah seorang penikmat blog dan pembelajar kehidupan. Semoga pembelajaran kehidupanku bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca dan belajar dari kehidupan.

1 comments:

Google Doodle Hari Ini said...

Menarik ya mas google doodle kemerdekaan Indonesiannya.. mungkin informasi lanjutan tentang google doodle indonesia ada disini di Google Doodle Kemerdekaan Indonesia . jangan lupa berkunjung ya mas

//* Autolink *//