Tempat Wisata di Samarinda

Waah nggak kerasa ya udah masuk penghujung tahun 2015...Hmm libur akhir tahun ini mau kemana? Mungkin sudah punya destinasi wisata yang menarik ya sob, yaa semoga liburannya menyenangkan. Kalau soal lokasi liburan mungkin nggak terlalu penting yaa, yang berharga dan menarik adalah karena liburan dengan keluarganya. Mau dimanapun lokasi liburannya kalau dengan keluarga pasti menyenangkan deh. Liburan di rumah sekalipun, juga bisa menyenangkan. Kata kuncinya, "Asal sama keluarga".

Ngomongin masalah liburan, saya punya beberapa bocoran nih beberapa tempat wisata yang bagus dan menarik di kota Samarinda. Oh ya, Samarinda ini merupakan ibu kota Kalimantan Timur. Kota ini diklaim sebagai kota dengan penduduk terpadat di pulau Kalimantan. Ini dia tempat wisata di Samarinda yang ramai dikunjungi.

1. Masjid Islamic Center Samarinda

masjid islamic center samarinda kalimantan timur
Masjid ini terletak di tepian sungai Mahakam atau tepatnya berada di kelurahan Teluk Lerong Ulu. Masjid ini dibangun pada tahun 2001 dan diresmikan pada 10 November 2004 oleh gubernur Kalimantan Timur saat itu, H. Suwarna Abdul Fatah.

Masjid ini mampu menampung 40.000 jamaah. Diklaim sebagai masjid terbesar ke-3 di Indonesia.

Arsitekturnya yang indah mampu menarik berbagai wisatawan lokal Kaltim maupun luar Kaltim. Masjid ini memiliki halaman parkir yang luas. Jika Jakarta punya masjid Istiqlal, maka Samarinda punya Islamic Center. 

Sayang rasanya jika ke Samarinda nggak mampir ke masjid yang megah ini. Dari masjid ini, kita bisa melihat lalu lintas kendaraan di pinggiran sungai Mahakam. Menarik bukan? 

2. Taman Kota

Taman Cerdas
Ada beberapa taman yang cukup bagus untuk dikunjungi di Samarinda. Mungkin terinspirasi dari kota Bandung yang disulap kang Emil, Walikota Bandung, menjadi kota yang indah dan cantik. Nah Samarinda juga gak ketinggalan masalah ini. Taman yang bisa dikunjungi adalah Taman Cerdas
taman cerdas samarinda
Taman Cerdas Samarinda (dok. pribadi)

Taman ini terletak di tengah-tengah kota Samarinda. Sekitar 100 meter dari Mal Lembuswana. Kalau dari arah Jl. Juanda menuju Jl. Gatot Subroto melewati Mal Lembuswana ada di sebelah kiri. Disamping kantor jabatan dinas walikota Samarinda.

Taman ini dilengkapi dengan beragam wahana bermain anak-anak. Mulai daru perosotan, jungkat-jungkit, putaran hamster, dan wahana bermain lainnya.

Selain itu ada juga beberapa ornamen replika karakter animasi seperti Doraemon, Minion, Gajah, Cinderella, Pesut Mahakam, Hello Kitty, dll. Tempat wisata ini ramai dikunjungi setiap sore hari. Tak mengenal hari liburan atau hari aktif bekerja. Tiap hari ramai terus, terlebih hari libur. Karena tempat wisata ini gratis dan cukup dekat dari berbagai lokasi rumah warga lokal.

Taman Samarendah
Taman ini terhitung sangat baru, mungkin sekitar akhir Oktober baru selesai pengerjaan. Dan sampai sekarang masih belum ramai dijadikan alternatif rekreasi keluarga. Selain karena belum 100% selesai, taman ini minim wahana bermain. Hanya arsitektur desain yang ditonjolkan sebagai daya tarik. Tanaman yang ada pun belum begitu rimbun, sehingga masih panas kalau berkunjung kesini.

Saya juga paling cuma sekedar lewat aja..hehehe.

3. Desa Budaya Pampang
Nah, kalau pengen liburan sambil belajar, maka inilah salah satu alternatif tempat wisata di Samarinda yang paling terkenal. Di sini kita disuguhkan wisata asli dari kebudayaan suku Dayak Kenyah, salah satu rumpun suku Dayak di Kalimantan. Setiap hari Minggu, jam 13.00 - 15.00 dibuka khusus untuk para wisatawan yang ingin melihat langsung berbagai pertunjukkan atau seni budaya yang dimiliki oleh suku Dayak. Meraka akan mengenakan pakaian adat khas Dayak, sehingga para wisatawan bisa berfoto. Tentunya bayar lhooo. 

Nah ada juga souvenir-souvenir khas kerajinan tangan Dayak yang sangat cantik. Dengn motif khas Dayak, souvenir ini bisa dijadikan oleh-oleh. Asyiik kaan...liburan sambil mengenal budaya asli suku asli Kalimantan.
desa budaya pampang
Desa Budaya Pampang (anggialfonso.com)
Lokasinya nggak jauh dari pusat kota Samarinda, mungkin sekitar 20 km atau sekitar 20-30 menit arah kota Bontang, jika ditempuh dengan kendaraan bermotor.

4. Air Terjun Pinang Seribu
air terjun pinang seribu samarinda
Jangan berpikir kalau air terjun di Samarinda banyak seperti di Jawa. Nah jika sobat penyuka liburan bernuansa alam, inilah jawabannya. Ini salah satu air terjun yang banyak dikunjungi oleh wisatawan saat liburan. Lokasinya terletak di kelurahan Sempaja Utara, Samarinda Utara. Harga masuknya cukup murah, Rp 5.000 saja.

5. Tepian Sungai Mahakam
Kalau yang ini nggak hari libur pun selalu ramai dikunjungi. Setiap sore hari, sambil menikmati sunset di tepian sungai Mahakam, kita dimanjakan dengan berbagai jajanan ringan. Suasana kota Samarinda menjadi teduh saat menikmati panorama sungai Mahakam yang membawa puluhan kapal pengangkut batu bara. Lokasi ini bisa ditemui di sepanjang pinggiran sungai Mahakam atau di jalan Slamet Riyadi. Wisata ini gratis, tapi paling disenangi warga Samarinda.
tepian mahakam

Selain itu setiap tahun digelar Festival Mahakam di tepian ini. Acara pertunjukan seni dan budaya khas Kalimantan. Ada lomba berenang sungai Mahakam, lomba tari adat Dayak, lomba perahu jetski, lomba masakan, pertunjukkan adat Hudoq, dan lain sebagainya.

Nah mungkin tempat wisata diatas bisa menjadi alternatif pilihan tempat liburan saudara sekalian. Sebetulnya tempat wisata di Samarinda masih banyak lagi. Selain ada wisata budaya dan wisata panorama alam, ada juga wisata kuliner. Kapan-kapan saya akan berbagi pengalaman tentang wisata kuliner yang ada di kota tepian Mahakam ini. Akhir kata, semoga liburan kali ini menyenangkan. Selamat berlibur...!

(Ditulis sambil nungguin servis motor, di pinggiran sungai Mahakam. Mungkin lokasi servis ini bisa masuk juga tempat wisata yaa....hahahaha.)
Share on Google Plus

About Muhamad Saefudin

Saya hanyalah seorang penikmat blog dan pembelajar kehidupan. Semoga pembelajaran kehidupanku bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca dan belajar dari kehidupan.

0 comments:

//* Autolink *//