Keutamaan Membaca Al Qur’an


Ada beberapa keutamaan membaca Al Qur’an menurut Abdul Aziz Abdul Rauf dalam bukunya Kiat Sukses Menjadi Hafizh Qur’an Da’iyah, diantaranya :
1.    Al Qur’an menjanjikan kebaikan, berkah dan kenikmatan
“Sebaik-baik kalian adalah orang mempelajari dan mengajarkan Al Qur’an.”(HR. Bukhari Muslim).
2.    Merupakan ciri orang yang diberi ilmu
“Sebenarnya Al Qur’an itu adalah ayat-ayat yang nyata bagi orang yang diberi ilmu dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami, kecuali orang-orang yang dzalim.”(QS.Al Qashash:49).
3.    Menjadi penolong (syafaat) bagi pembacanya
“Dari Abi Umarah Radiallahuanhu berkata : Aku mendengar Rasulullah Salallahu Alaihi Wa Salam bersabda, “Bacalah Al-Qur’an, sesungguhnya ia akan menjadi pemberi syafaat pada hari kiamat bagi pembacanya.”(HR.Muslim)
4.    Al Qur’an akan meninggikan derajat manusia di surga
“Dari Ibnu Mas’ud Radiallahuanhu, Rasulullah Salallahu Alaihi Wa Salam berkata:”Barang siapa yang membaca satu huruf dari Al Qur’an, maka dia mendapat satu kebaikan dan satu kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kali lipat.  Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf, melainkan alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.”(HR. At Tarmidzi, hadist no.997, hlm 416).
5.    Orang yang membaca Al Qur’an bersama para malaikat yang mulia dan taat
“Dari Aisyah Radiallahuanha, ia berkata : Rasulullah Salallahu Alaihi Wa Salam bersabda : Orang yang membca Al Qur’an sedangkan ia mahir bersama para malaikat yang mulia dan taat, dan orang yang membaca Al Qur’an sedangkan ia terbata-bata dan merasa kesulitan, ia mendapat dua pahala”(HR. Muttafaqun alaih).
6.    Orang yang membaca Al Qur’an adalah orang yang akan mendapatkan untung dalam perdagangannya dan tidak akan merugi
“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebagian dari rizki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak merugi.” (QS.Faathir:29).
Share on Google Plus

About Muhamad Saepudin

Saya hanyalah seorang penikmat blog dan pembelajar kehidupan. Semoga pembelajaran kehidupanku bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca dan belajar dari kehidupan.

0 comments: