Ayat dan Hadits seputar pernikahan

Pacaran atau Menikah???? Menikah doooong...Kata otak bijak saya, "lebih baik bahagia dan sejahtera dengan menikah daripada sengsara karena pacaran!" Betul...betul...betul..(Ipin mode on...)

Bagi Anda yang akan menikah, tentunya harus faham betul tentang makna pernikahan. Maka untuk memahami tujuan menikah beberapa ayat pernikahan dalam Al-Quran di bawah ini akan memberikan penjelasan yang sangat kuat. Selain ayat pernikahan, ada hadits pernikahan atau hadits tentang pernikahan yang memberikan penjelas dan penguat atas ayat pernikahan dalam Al-Quran. Selamat membaca dan mengamalkan. Bagi yang belum menikah, akan menikah, dan sudah menikah pun ayat dan hadits seputar pernikahan ini masih relevan. Kata ustadz, pasangan suami-istri yang sudah menikah sekalipun harus terus belajar tentang rumah tangga dan pernikahan, karena ilmu tentang pernikahan sangatlah luas. Yang lebih besar lagi kaitannya dengan pernikahan dan rumah tangga adalah bahwa perubahan dan kemajuan sebuah negara tergantung kepada kualitas keluarga dalam negara tersebut.

Ayat yang mengatur tentang pernikahan ada sekitar 85 ayat, baik yang mengatur secara langsung (tersurat) maupun secara tidak langsung (tersirat).


“Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. JIKA MEREKA MISKIN ALLAH AKAN MENGKAYAKAN MEREKA DENGAN KARUNIANYA. Dan Allah Maha Luas (pemberianNya) dan Maha Mengetahui.” (QS. An Nuur (24) : 32).

Hadits Riwayat Al-Hakim, artinya: Barangsiapa menikah, maka dia telah menguasai separuh agamanya, karena itu hendaklah ia bertakwa kepada Allah dalam memelihara yang separuhnya lagi.

Hadits Riwayat Ibnu Majah, artinya: Siapapun wanita yang meninggal dunia sedang suaminya meridhainya maka dia akan masuk surga. 

Hadits Riwayat Ath Thabrani, artinya: jika seorang wanita mengerjakan shalat  5 waktu, berpuasa satu bulan penuh (Ramadhan), dan mentaati suaminya, maka hendaklah ia memasuki dari pintu surga manapun yang dia kehendaki. 

Hadits Riwayat Ahmad, artinya: Apakah kalian mau saya beritahu tentang simpanan seseorang yang paling berharga? Yaitu wanita sholihah yang suaminya menjadi bahagia bila memandangnya, bila diperintah segera dipenuhi, dan bila suaminya tidak ada dia menjaga kehormatannya. 
Share on Google Plus

About Muhamad Saefudin

Saya hanyalah seorang penikmat blog dan pembelajar kehidupan. Semoga pembelajaran kehidupanku bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca dan belajar dari kehidupan.

0 comments:

//* Autolink *//