Buku Bagus Tentang Internet Marketing

Kunjungan ketiga kalinya di Badan Perpustakaan Provinsi Kalimantan Timur 2 hari yang lalu, berujung pada peminjaman beberapa buku bagus. Awalnya ingin baca-baca tentang beberapa topik seperti pengembangan kepribadian, pertanian hidroponik, sejarah suku Dayak, dan budaya daerah Kalimantan. Tapi niat saya harus berganti ke satu topik yang lain, topik ini rasanya membuat saya makin tambah penasaran dalam beberapa pekan terakhir ini, dan waktu itu tiba-tiba muncul lagi. Awal penasarannya yakni tentang beberapa prediksi ahli ekonomi bahwa dunia bisnis di masa yang akan datang akan dikuasai oleh kekuatan internet marketing. (Wuidiih, berat euy bahasanya! Halah, gue juga ngga tahu makhluk apaan tuh. Makanya pengen tahu).

Rasa penasaran saya ini ternyata sudah kesiangan. Berhubung beberapa teman dekat sudah lebih jauh terjun menekuni internet marketing. Duuh! Jadi inget masa lalu. Dulu, saya dan teman saya Awang Darmawan, pernah menjajal bisnis jual buku online, dengan nama www.InsanBuku.Com. Bermodalkan semangat juang 45 seorang jomblo, alhamdulillah bisa berjalan. Sampai akhirnya hilang ditelan tugas skripsi yang datang tiap hari, hehe.

Di sekeliling kita, sebagian besar pengusaha sudah sangat paham akan pentingnya hal ini. Lalu, muncullah banyak toko-toko online atau online shop. Mulai dari skala rumahan sampai yang skala besar. Kita pasti nggak asing lagi dengan olx, tokopedia, bukalapak, amazon.com, blibli.com, lazada, dan toko online besar lainnya. Mereka adalah perwujudan nyata dari internet marketing. Sekaligus penguat dan bukti kalau prediksi para ahli ekonomi itu benar adanya. 
Lalu, kapan internet marketing mulai ada? Persisnya saya juga nggak tahu. Tapi kalau kita pikir secara logika, mungkin sejak internet ditemukan, konsep internet marketing sudah mulai digagas. Lalu wujud nyata dan simpel dari internet marketing adalah toko online atau website yang menjual produk atau jasa. Seperti yang banyak sekarang ini. Tapi yang pasti, bisnis offline telah lebih dulu berjalan. 

Seberapa penting sih internet marketing untuk pengusaha?
Bagaimana cara menjadi internet marketer yang hebat?
Apa tahap-tahap awal yang harus dibangun dalam internet marketing?
Bagaimana cara menggiring orang untuk mengunjungi website?
Bagaimana menjadi jutawan internet hanya dengan bekerja 16 jam per minggu?

Karena pertanyaan-pertanyaan itulah, saya membuat tulisan ini. Bukan karena saya jago internet marketing. Bukan saya pengusaha sukses. Tapi karena saya juga ingin belajar mengenai internet marketing. Dan karena itulah, saya juga ingin membagikan kabar baik ini pada pembaca. 
Buku karangan Stuart Tan yang berjudul "Secrets of Internet Millionaires" (Rahasia-Rahasia Para Jutawan Internet) adalah buku yang bagus tentang internet marketing. Di dalamnya dibahas semua hal berkaitan internet marketing dan juga menjawab pertanyaan-pertanyaan yang saya tulis diatas tadi. Buku ini diterbitkan pertama kali tahun 2007 di Singapura dan diterbitkan Elex Media Komputindo pada tahun 2009. Saya katakan WAJIB DIBACA! buat Anda yang ingin jadi pengusaha, sedang jadi pengusaha, dan yang telah jadi pengusaha. 

Sekilas tentang Stuart Tan
Stuart Tan adalah seorang trainer internet marketing terkemuka dari Singapura. Seorang yang menguasai NLP (Neuro Lingustic Programming), dan dengannya ia gunakan dalam mempertajam konsep internet marketing. Dia juga seorang yang dekat dengan internet marketer hebat dunia seperti Yanik Silver dan banyak yang lainnya.
Saya tidak bisa membeberkan semuanya atau bahkan satu paragraf sekalipun isi buku hebat ini. Karena akan sangat jauh berbeda kalau langsung membacanya. Ada suasana lain yang ditimbulkan buku ini. Terbukti buku ini bisa selesai dibaca hanya dalam waktu 1 hari. Mungkin karena saya ada motivasi yang berlebih secara personal? Nggak juga. Atau karena saya haus ilmu? Mungkin. Intinya banyak buku yang mampu menarik seseorang berlama-lama duduk diatas kursi hingga lupa makan dan minum, lalu terkejut saat sadar telah menghabiskan waktu 6 jam non-stop. Salah satunya adalah buku ini!

Bahasa yang ditulis Stuart Tan sangat mudah dicerna, bahkan oleh seorang awam seperti saya sekalipun. Salut! Gaya tulisannya seakan-akan kita yang membacaya sedang berhadapan langsung dengannya. Mengandung motivasi yang meyakinkan, didukung kemampuannya di bidang NLP (Neuro Lingustic Programming). Bidang ilmu yang bisa diterapkan pada banyak bidang, pendidikan, ekonomi, training, pemerintahan, parenting, dan lain-lain. Buku kedua ini -setelah "Master Your Mind, Design Your Destiny"- berhasil menjadi buku yang diminati lebih dari 500.000 orang. Lewat websitenya www. InternetMarketingSingapore.Com, ia telah menggaet ratusan ribu peserta pelatihan yang tersebar di Asia, termasuk Indonesia. 

Bukan tidak mungkin, para internet marketer hebat Indonesia adalah hasil dari pelatihan-pelatihan Stuart Tan. Atau yang belajar langsung darinya. Mungkin selanjutnya adalah Anda!

Berbahagialah bagi yang bisa membaca buku ini dan mengambil manfaat darinya! Selamat membaca! Semoga sukses...
Share on Google Plus

About Muhamad Saepudin

Saya hanyalah seorang penikmat blog dan pembelajar kehidupan. Semoga pembelajaran kehidupanku bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca dan belajar dari kehidupan.

1 comments:

INTERNET MARKETING SEMARANG said...

Wah boleh jadi referensi untuk dibaca tuh