Akhirnya Terdaftar sebagai Anggota Perpustakaan Provinsi Kaltim

Setelah minggu yang lalu gagal mendaftar sebagai anggota perpustakaan, karena kantor Badan Perpustakaan Provinsi Kaltim keburu tutup, dimana tutup lebih cepat di hari Jumat, akhirnya hari ini bisa terdaftar sebagai anggota perpustakaan Provinsi Kaltim. 
badan perpustakaan provinsi kaltim
Badan Perpustakaan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur

Caranya cukup mudah, tinggal datang ke kantor Badan Perpustakaan Provinsi Kaltim yang ada di Jl. Ir H. Juanda No. 4 Samarinda, sebelum simpang empat Kadrie Oning. Langkah selanjutnya registrasi dengan cara mengisi formulir pendaftaran. Form pendaftaran yang diisi yaitu seputar informasi umum pribadi, seperti nama lengkap, tempat tinggal, tempat kerja, nomor hp, nomor kartu identitas, dll. Tenang aja, nggak ditanyain tentang status kok, jadi yang jomblo tetap bisa daftar. Yah paling sekitar 5 menitan lah. Setelah itu bayar uang registrasi sebesar Rp 15 ribu, lalu foto, dan pencetakan kartu anggota. Selesai deeh. Finally, registered as a member. Senangnya. 
kartu anggota perpustakaan

Selain supaya bisa pinjam buku, ada beberapa alasan saya mendaftar anggota perpustakaan (lagi). Rasa rindu nongkrong di perpustakaan dalam waktu yang lama, rasanya muncul lagi setelah lulus dari kampus kurang lebih 3 tahun yang lalu. Berlama-lama di perpustakaan sewaktu di kampus doeloe, rupanya telah meninggalkan banyak cerita, mulai cerita menyenangkan, menyedihkan, dan memalukan. Mulai dari bisa lulus jadi sarjana, berkat judul-judul buku yang nempel di daftar pustaka skripsi. Pernah juga tertidur di perpustakaan, saking enaknya, karena suasanya memang hening dan ber-AC. Pokoknya adem deh kalau lagi di perpustakaan. Semua perpustakaan pasti gitu. 

Perpustakaan memang salah satu tempat yang nyaman buat tidur baca buku. Ya iyalah, masa buat tidur. Jadi anggota perpustakaan itu banyak manfaatnya lho. Kita bisa pinjam buku yang nggak selamanya ada di toko buku. Bisa baca jurnal ilmiah, skripsi, ensiklopedi, dan lain-lain. 

Daripada harus beli setiap buku yang kita perlu, jadi anggota perpustakaan mungkin bisa jadi solusi. Namun memang untuk beberapa buku yang dirasa penting dan perlu punya, nggak ada salahnya dibeli. Agar bisa dibaca kapan pun kita mau. Kalau pinjam kan ada batas waktunya. Umumnya sekitar 14 hari.
peraturan anggota perpustakaan

Well, semoga dengan jadi member di Badan Perpustakaan Provinsi Kaltim ini, bisa lagi baca-baca buku. Selain menambah wawasan, juga sebagai andil dalam mendukung pemerintah provinsi Kaltim yang sedang semangat-semangatnya meningkatkan minat baca masyarakat.
badan perpustakaan provinsi kaltim
Baliho Menuju Program Kaltim Maju 2018

Semoga dengan membaca, jendela dunia bisa terbuka lebih lebar lagi, sehingga pemandangan yang kita lihat bisa lebih jelas. Yuk membaca!
Share on Google Plus

About Muhamad Saefudin

Saya hanyalah seorang penikmat blog dan pembelajar kehidupan. Semoga pembelajaran kehidupanku bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca dan belajar dari kehidupan.

0 comments:

//* Autolink *//