Tips agar data penting aman

Pernah mengalami nggak, saat data penting di flash disk hilang??? Entah kemakan virus jahat, atau nggak sengaja ke-delete atau hilang tiba-tiba nggak tahu penyebabnya. Panik kan? Bahkan bisa sampai nangis. Mungkin pernah ada temen-temen yang punya pengalaman hilang data-data penelitiannya pas skripsi. 

Waduuh kebayang kan saat itu paniknya.Perasaan campur aduk, pengen nangis, mungkin marah, kesel, serasa dunia runtuh seketika. Serasa dunia gelap tiba-tiba. Mungkin bisa aja pingsan. Apalagi kalau sudah penelitian berbulan-bulan dan waktunya mau diolah, eeh hilang datanya...terlebih penelitiannya bukan yang pertama lagi! 

Sabar...sabar...memang disitu kadang kita sedih (hehehe). Ada beberapa tips yang ingin saya share, berdasarkan pengalaman saya:

1. Untuk data-data yang sangat penting, usahakan di-backup di beberapa tempat. Contoh: flashdisk, komputer, laptop, email pribadi,dll. Namun tetap upayakan untuk terjaga kerahasiaan data kita. Jika data tersebut adalah data rahasia, buatlah folder berpassword, sehingga tidak mudah dibuka oleh sembarang orang.

2. Pasanglah antivirus untuk melindungi komputer atau laptop dari virus atau malware yang bisa merusak atau menghilangkan data. Beberapa antivirus yang recommended dan sering dipakai diantaranya: AVG, Avira, Kasperky, Norton. Kalau antivirus lokal Smadav yang cukup terkenal. Selainnya bisa cari di mbah Google.

3. Dua poin diatas masuk ke tahap pencegahan. Kalau sudah terlanjur hilang, bisa dicari dengan settingan folder Flashdisk atau directorynya. 
Langkahnya Organize-->Folder and Search Option-->centang Show hidden files, folder and drives, hilangkan centang pada "Hide protected operating system files (Recommended)".

4. Selain langkah 3, bisa juga dimunculkan menggunakan aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard. Bisa search di Goggle dan diunduh. Ini beberapa kali pernah saya pakai dan cukup ampuh untuk memunculkan file atau data yang hilang.

Nah semoga tips-tips diatas bisa bermanfaat buat rekan-rekan semua. Sehingga nggak ada cerita kesedihan yang mendalam soal kehilangan data penting yang mungkin saja bisa membuat kita frustasi. 

So, save your data!

Salam InspiraTIPS
Share on Google Plus

About Muhamad Saefudin

Saya hanyalah seorang penikmat blog dan pembelajar kehidupan. Semoga pembelajaran kehidupanku bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca dan belajar dari kehidupan.

0 comments:

//* Autolink *//