Sejarah Facebook

Semalam saya gak sengaja nemu film yang berjudul "The Social Network" di harddisk eksternal. Karena memang banyak sekali film di harddisk yang belum ditonton, jadi sesekali saat lagi bosan, saya siasatin dengan nonton film. 

Saat nemu film ini, langsung saya klik dan nonton. Scene awal ada seorang laki-laki muda yang sedang ngobrol berdua dengan perempuan, dan berujung bertengkar. Masih belum ngerti karena si laki-laki cepat sekali bicaranya. Dan ceritanya si laki-laki putus hubungan dengan perempuan, kemudian balik ke asramanya. Dan teng..teng..teng..di subtitle tertulis Asrama Harvard. Hmmm.

Tertulis tahun 2004.

Si laki-laki masuk ke kamar, buka laptop, langsung ngetik. Ternyata dia posting kemarahannya di blog. Ya dia nge-blog. Belum ketemu maksud film ini apa, dan tentang apa. Dari judulnya, saya berpikir film ini menceritakan tentang jaringan sosial seperti twitter, facebook, dan lain-lain. 

Malam itu setelah dia nge-blog dia bikin situs bernama Facesmash.com. Dari katanya, kalau dipenggal jadi 2 suku kata, maka diartikan "pukul muka", mungkin akibat kemarahan dia pada teman perempuannya tadi yang sudah menghina dia. Nnah, dari sini, agak mulai ketebak nih. Dari mukanya si laki-laki, mirip pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, dan emang di subtitle dia dipanggil Mark. Tapi karena belum lengkap panggilannya, saya belum yakin.

Tapi malam itu, dia bikin jaringan internet Harvard lumpuh, karena ulahnya membuat situs Facesmash.com tadi. Rupanya situs tersebut, kontennya adalah semacam polling untuk menentukan siapa perempuan yang seksi diantara dua pilihan, dengan fotonya yang dimunculkan di situs. Awalnya dia hack seluruh penghuni asrama yang perempuan, dari blog masing-masing. Dan menampilkan dalam situs polling tersebut. Wooow...dalam 2 jam, dia berhasil mendapatkan 22.000 hits, itulah kenapa jaringan Harvard sampai down. Akhirnya dia dipanggil oleh pihak keamanan jaringan Harvard, dan ditanyai beberapa hal. Hingga akhirnya dia keluar dari ruangan itu.

Jadi, ternyata film ini menceritakan tentang perjalanan Mark Zuckerberg, seorang milyarder termuda di dunia saat ini. Seorang mahasiswa Harvard yang cerdas dan jago dalam bidang internet dan programming. Hmmm,saya jadi makin semangat nonton. Tapi perut, mulai bunyi nih...haduuh, untungnya ada seblak mie, hehe. Makan dululah, barang 2-3 suap. Okey, lanjuuut nontonnya.

Berlanjut dari Facesmash, dia akhirnya jadi terkenal, masuk di koran-koran Amerika. Terutama korannya Harvard, dan ada 2 orang bersaudara yang baca berita ini. Mereka Winklevoss bersaudara. Mark diajak bertemu. Winklevoss cerita tentang rencana bangun theHarvardConnection, dia diminta bergabung, dan setuju.

Namun, sepulangnya ke asrama, dia sebelumnya sudah punya ide untuk membuat sebuah situs yang bisa menampilkan foto, ada profilnya, kemudian bisa terhubung satu dengan yang lain. Dan saat ketemu Winklevoss, dia semakin terbuka pikirannya. Akhirnya dia minta rekan sekamarnya, sahabat dekatnya, Eduardo Saverin,untuk menyiapkan seperangkat komputer server dan lain-lain. Setelah ngobrol tujuannya untuk apa, dia setuju, dan Mark mulai membangun situs. Dan selama dia membangun situs (namanua theFacebook), dia yang sebelumnya sudah terikat janji dengan Winklevoss bersaudara, tidak pernah sekalipun bertemu dengan mereka untuk membangun situs theHarvardConnection. Mereka (Winklevoss) kirim email puluhan kali, sms puluhan kali,ditelpon, dan tidak ada muncul sama sekali si Mark ini. Karena memang, dia sedang sibuk membangun situs.

Bahkan saat kuliah dia sibuk ngoding situs theFacebook.com. Dan singkat cerita, theFacebook siap dilaunching. Dan malam itu dia dan Saverin me-launch. Dan luar biasa responnya, semua mahasiswa Harvard tergabung dengan theFacebook, dengan menggunakan email mereka (username@harrvard.edu). 

Singkat cerita theFacebook terkenal di Harvard, kemudian ekspansi ke Yale, Stanford, hingga buka kantor di California (hingga sekarang). Buka kantor di California atas saran temannya bernama Sean Parker, pemilik situs Napster, situs yang menyediakan aplikasi pemutar musik, namun bangkrut. Mereka pindah ke California, dan dari sana kemudian mendapatkan investor dengan nilai investasi $500.000. 

Pertemuan dengan Sean Parker, membuat Saverin kecewa, dia tidak percaya dengannya. Namun Mark yang sehati dengan Sean, hingga atas sumbangsih Sean Facebook bisa maju pesat. Mark dan Sean, serta tim tinggal di California, namun Saverin tidak bersama mereka. Dan Facebook berjalan atas Mark dan Sean.

Oh iya, atas saran Sean Parker, kata "the" dihilangkan, sehingga cuma Facebook. Sebelumnya, Mark hanya dapat investasi dari temannya, Saverin senilai $1000, dan saat sudah sepakat mau ditambah $18.000 dengan Saverin, dia membatalkan tambahan itu. Mark kecewa, namun saat mendengar kabar pembatalan dari transfer Saverin, dia sudah berhasil menggaet investor tadi. Saat itu, dia bisa mendapat investor, dengan modal trust, karena pengguna Facebook sudah mencapai angka ratusan ribu.Dan target mereka, juga dengan investor, adalah menembus angka 1 juta.
Dan akhirnya tembus angka 1 juta. Mereka merayakan pencapaian itu. Saat Saverin datang ke California, dan ada Sean dia langsung marah besar, dan minta pada Mark untuk mengeluarkan Sean, karena dia merasa bahwa dialah CFO (Co-Founder Officer) Facebook. Namun Mark membantah, justru dengan adanya Sean Parker lah Facebook bisa berkembang pesat, dengan ide-idenya, menggaet investor dan perkembangan lainnya. 

Di film ini, dikisahkan si Saverin menggunggat Mark, dan ternyata Mark juga digugat oleh Winklevoss bersaudara dan temannya, atas pasal pencurian ide. Namun akhirnya pengadilan Harvard memenangkan Mark, meskipun ada uang tutup mulut untuk Winklevoss dari Mark atas saran seorang konselor. Hmmm...true story atau nggak, saya kurang tahu ya,hehe.

Sejak saat itu, hingga sekarang, Facebook berkembang dengan sangat cepat. Mark Zuckerberg menjadi milyarder termuda di dunia saat ini. Luar biasa. Ohya, Mark memulai ini di tahun 2004, berarti kalau dihitung dari sekarang, sudah kurang lebih 11 tahun perjalanan Facebook, dari cikal bakalnya bernama Facesmash.com. 

Oh, iya, ternyata bunyi klik khas facebook, ternyata si Mark nemu saat sedang ngobrol dan bukan dengan sengaja..hehe..ide luar biasa itu kadang datang sendiri dan tanpa disadari atau sengaja dicari. Bingo!!!

Film ini recommended untuk ditonton, karena perjalanan seorang Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa, namun bisa menjadi milyarder. Mungkin bisa menjadi sebuah motivasi bagi rekan-rekan semua.

Dibawah ini, hasil dari keyword "Pendiri Facebook" yang saya gunakan di laman Search Google. dan muncul seperti screenshot dibawah:


Salam LIKE...





Share on Google Plus

About Muhamad Saefudin

Saya hanyalah seorang penikmat blog dan pembelajar kehidupan. Semoga pembelajaran kehidupanku bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca dan belajar dari kehidupan.

0 comments:

//* Autolink *//