Disiplin jangan karena Pak Rudi

Tiga hari ini saya diminta untuk menghandle kegiatan Safety Meeting karena Kepala Program (Kaprog) Teknik Alat Berat sedang ada kegiatan Lokakarya Nasional di Dumai, Riau. Untuk itu, Pak Rudi meminta saya untuk mendampingi kegiatan Safety Meeting dan Sholat Ashar berjamaah selama tidak ada beliau.

"Oke, saya handle", jawab saya, saat ditanya apakah bisa bantu handle selama 3 hari ke depan.

Hari pertama berjalan lancar, meskipun ada beberapa siswa yang terlambat. Oiya, lupa saya jelaskan. Safety Meeting merupakan kegiatan yang menjadi budaya atau kebiasaan PT Trakindo Utama yang diterapkan setiap hari Senin pagi selama 30-45 menit sebelum bekerja. Berhubung, SMK Negeri 6 Samarinda merupakan salah satu SMK yang menjadi sekolah binaan atau yang menjalin kerja sama dengan Trakindo, sehingga beberapa budaya perusahaan didekatkan dan dikenalkan pada siswa SMK, khusus jurusan Teknik Alat Berat.

Hari kedua, saya berikan stressing atau penekanan, bahwa
"Disiplin itu jangan karena ada Pak Rudi. Disiplin harus sebagai bentuk tanggung jawab terhadap diri Anda sendiri. Begitu juga dengan disiplin pada kegiatan Safety Meeting dan sholat Ashar."

Mereka semua diam. Beberapa memberi isyarat dari sorot matanya, seakan-akan berkata "Ya Pak". 

Dewasa ini, nilai-nilai positif harus ditanamkan pada anak sejak dini. Sehingga saat beranjak dewasa, dan bekerja di perusahaan, sudah terbentuk pribadi berkarakter. Perusahaan-perusahaan besar nasional tidak melihat hanya dari skill dan knowledge saja, namun sikap atau attitude merupakan sesuatu yang sangat penting untuk dicermati. Karena percuma, pintar dan cerdas, skill mumpuni, namun berkarakter pemalas, tidak disiplin, tidak jujur, dan sebagainya.

Salam semangat,

Share on Google Plus

About Muhamad Saepudin

Saya hanyalah seorang penikmat blog dan pembelajar kehidupan. Semoga pembelajaran kehidupanku bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat membaca dan belajar dari kehidupan.

0 comments: